Iklim Usaha Membaik, Bank Jateng Cabang Temanggung Optimis Salurkan KUT 2022 di Atas Rp 50 Miliar

Iklim Usaha Membaik, Bank Jateng Cabang Temanggung Optimis Salurkan KUT 2022 di Atas Rp 50 Miliar
Penanganan pandemi oleh pemerintah yang baik membuat iklim usaha, khususnya sektor UMKM di Temanggung tumbuh secara perlahan. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Optimis terhadap penanganan pandemi Covid-19 yang sangat baik dari pemerintah, Bank Jateng Cabang Temanggung mematok tinggi terhadap target penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada 2022 di angka mencapai lebih dari Rp50 miliar atau di atas realisasi penyaluran pada tahun 2021 kemarin.

“Kami memiliki angka optimis pertumbuhan kredit di angka 14 persen pada tahun 2022 ini. Semoga pandemi segera berakhir dan perekonomian kembali pulih seperti semula. Untuk tahun 2021 kami menyalurkan dana KUR sekitar Rp 50 miliar, tahun ini kami harapkan bisa lebih dari tahun lalu,” kata Pemimpin Cabang Bank Jateng Temanggung Wahyu Puji Santosa, Kamis (17/3).

Ia menyampaikan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memang diarahkan untuk memanfaatkan KUR lantaran tingkat suku bunganya yang murah, hanya 6 persen per tahun.

Selain bunga ringan, lanjutnya, proses kreditnya terbilang mudah dan cepat. Terkait perkembangannya, ia menyebut dari bulan ke bulan cukup banyak yang mengajukan KUR. Pada bulan Februari 2022 saja, penyaluran KUR berada di angka sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 7 miliar.

“Situasi yang membaik dan aturan PPKM sangat berpengaruh pada iklim usaha kerakyatan. Sebenarnya kami ditarget bisa menyalurkan Rp 10 miliar setiap bulan, namun prinsip kehati-hatian tetap kami terapkan, meski target kami tahun 2022 ini sektor kredit tumbuh di angka 14 persen, ” ungkapnya. (riz)