Icon Bhabinkamtibmas Candi Dilaunching, Jadi Ujung Tombak Sinergitas antara Polri dan Masyarakat

SIMBOLIS. Launching secara simbolis dilakukan dengan pemakaian helm dan tas kepada lima Bhabinkamtibmas peringkat terbaik sebagai tanda Launching Icon Bhabinkamtibmas Candi Tahun 2020 Polres Magelang Kota.
SIMBOLIS. Launching secara simbolis dilakukan dengan pemakaian helm dan tas kepada lima Bhabinkamtibmas peringkat terbaik sebagai tanda Launching Icon Bhabinkamtibmas Candi Tahun 2020 Polres Magelang Kota.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) merupakan ujung tombak dalam mengemban tugas menjalin sinergitas antara Polri dan masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas aman dan kondusif. Hal itu diungkapkan Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, SIK MM CFE saat melaunching Icon Bhabinkamtibmas Candi tingkat Polres Magelang Kota di halaman apartemen Musvia, Senin (10/8).

Dalam mengimplementasikan program Commander Wish Kapolda Jateng VII yaitu Polda Jateng Hadir maka dengan program Icon Bhabinkamtibmas Candi agar personel Polri terutama Bhabinkamtibmas semakin dekat dengan masyarakat.  “Kata CANDI itu sendiri merupakan akronim dari Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi dan Inovatif. Dengan demikian indikator Bhabinkamtibmas Candi yang harus dimiliki oleh setiap anggota Bhabinkamtibmas,” katanua

Kapolres menekankan menjelang pesta demokrasi Pilkada Serentak, kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar semangat dan aktif turun ke desa untuk memastikan wilayah binaannya dalam situasi kamtibmas betul betul aman dan kondusif.

“Terus berlatih dan kembangkan diri dimanapun dan kapanpun sebagai bekal dalam bertugas terutama menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi di lingkungan tempat tugasnya. Tetap semangat dalam melaksanakan tugas landasi dengan keikhlasan dan kesungguhan,”imbuhnya.

Bhabinkamtibmas Candi adalah sosok anggota Polri yang mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi, serta mempunyai program serta terobosan unggulan dalam kegiatan kemasyarakatan.

Tujuan dari Bhabinkamtibmas Candi itu sendiri adalah agar dapat bersinergi dengan warga dalam mengatasi segala problematika yang sering terjadi di tengah masyarakat. Terutama di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda, keberadaan Bhabinkamtibmas Candi dapat menciptakan kepercayaan untuk mengatasi bersama. “Bhabinkamtibmas Candi harus memiliki karakter yang cerdas, agamis, negosiator, dedikasi dan inovatif. Di dalamnya mengandung makna yaitu agar memiliki kesadaran setiap kali melaksanakan tugas,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Aspro dan Elvina, Sang Jawara Elite Race Borobudur Marathon 2021

Baca Juga
21 Ribu Karyawan Swasta di Kota Magelang Diusulkan Dapat Bansos Sebesar Rp2,4 Juta

Lebih lanjut Kapolres mengatakan agar target dan harapan masyarakat dapat terwujud secara maksimal maka Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kepercayaan masyarakat dalam mencegah berbagai gangguan, khususnya di suasana pandemi Covid-19.

Kapolres melanjutkan, masing-masing anggota Bhabinkamtibmas harus memahami maksud dan arti dari Bhabinkamtibmas Candi itu sendiri. “Bhabinkamtibmas harus cerdas dan memiliki wawasan, mengembangkan potensi dengan terus belajar. Memiliki jiwa agamis yang mampu menjadi teladan dalam tiap tutur kata, perilaku dan berinteraksi dengan masyarakat serta memiliki norma keagamaan yang membawa kedamaian bagi lingkungan sekitar,” tuturnya.

Anggota Bhabinkamtibmas Candi juga wajib mempunyai kemampuan bernegosiasi yang mumpuni apabila terjadi sebuah permasalahan di lingkungan masyarakat. Dalam setiap bertugas anggota Bhabinkamtibmas harus berdedikasi tinggi, ikhlas dan siap sedia 24 jam, apabila warga desa binaan membutuhkan bantuannya. (hen)