Humas Mestinya Kuasai Teknologi Informasi

0
200
Humas Mestinya Kuasai Teknologi Informasi
BAKOHUMAS. Praktisi dan Konsultan Public Relationship (PR), Eko Suseno saat memberikan materi kepada Bakohumas OPD se-Kota Magelang, 

MAGELANG SELATAN – Praktisi dan Konsultan Public Relationship (PR), Eko Suseno menyebut jika dalam era keterbukaan informasi sekarang ini, instansi pemerintah bernama Hubungan Masyarakat (Humas) harus lebih komunikatif. Humas sebagai juru bicara pemerintah daerah, semestinya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, reponsif, dan menguasai teknologi informasi,

”Jika humas tidak responsif dan gagap teknologi, citra positif lembaga yang diwakilinya tidak terbangun,” ujarnya di hadapan puluhan anggota Kontributor Bakohumas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Magelang, di Aula Adipura Kencana, Selasa (10/9).

Humas juga wajib peka terhadap perubahan teknologi informasi. Selain itu juga memiliki sikap inovatif dan adaptif secara taktis.

”Tak kalah penting, penampilan harus mendukung, serta cakap dalam berkomuniaksi dengan semua elemen, intinya mudah menyesuaikan,” kata Eko yang juga dosen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini.

Menurutnya, peran Humas menjadi sentral dalam mendukung berjalannya roda pemerintahan. Terlebih, di era disrupsi informasi seperti sekarang, maka Humas menjadi subjek vital meneruskan informasi valid kepada masyarakat.

”Tugas Humas juga membendung hoaks. Di samping itu, Humas merupakan juru bicara pemerintah sehingga pengetahuan dalam artis luas harus dimiliki,” tuturnya.

Sementara itu, pembicara lainnya, Asmono Wikan, CEO Majalah PR Indonesia, menekankan pentingnya kompetensi menulis kretaif bagi Humas. Hal ini, kata dia, agar berita yang disampaikan Humas dapat menarik untuk dibaca.

”Setiap orang bisa menulis, tapi menulis yang baik dan menarik untuk dibaca itu yang jarang, karenanya Humas harus mempunyai kompetensi ini, sehingga berita yang ditulis Humas dapat menarik untuk dibaca,” terangnya.

Menurut Wikan, personel Humas mutlak punya kemampuan analisis media sosial (medsos). Hal ini agar masyarakat, sebagai pengguna medsos terbanyak, juga terupdate informasinya dari konten-konten yang disebarkan Humas.

Asisten Administrasi Sekda Kota Magelang Taufik Nurbaqin, saat membuka kegiatan ini  meminta agar para kontributor selalu menyampaikan info terkini dan bermanfaat. Menurutnya, sudah bukan zamannya lagi instansi pelit informasi.

”Justru di era keterbukaan informasi publik, pemerintah wajib memberikan info yang dibutuhkan masyarakat. Saat ini, pemerintah sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat,” ujarnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here