Hujan Deras, Senderan di Dusun Kendal, Temanggung Longsor

RAMBU-RAMBU. Petugas memasang rambu-rambu agar para pengguna jalan tidak terjebak.
RAMBU-RAMBU. Petugas memasang rambu-rambu agar para pengguna jalan tidak terjebak.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Hujan deras yang mengguyur kemarin (7/4), membuat senderan di Dusun Kendal Desa Gandon Kecamatan Kaloran longsor. Kondisi ini menyebabkan akses penghubung antar kecamatan tersebut menjadi rawan kecelakaan.

Kepala Pelaksana Harian Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temangung Joko Prasetyono mengatakan, senderan tersebut diperkirakan tidak mampu menahan derasnya air selama musim penghujan ini.

“Musim penghujan ini cukup ekstrim, sehingga senderan penahan jalan tersebut longsor,” terangnya, kemarin.

Ia menjelaskan, saat longsor terjadi yakni sekira pukul 21.00 WIB, secara kebetulan kondisi jalan raya sepi kendaraan bermotor, sehingga tidak ada korban jiwa.

Namun karena kondisi tanah di lokasi labil, maka kemungkinan adanya longsor susulan sangat besar. Oleh karena itu jalan yang mengalami longsor dipasang rambu pengaman.

“Sekarang memang tidak banyak masyarakat yang keluar rumah mengikuti anjuran pemerintah. Namun pemasangan rambu-rambu menjadi wajib, mengingat sangat rawan terjadi kecelakaan,” katanya.

Ia menghimbau agar para pengguna jalan tetap berhati-hati ketika melintas di jalan tersebut, sebab saat ini jalan hanya bisa dilalui satu arah saja. Pengemudi harus bersabar menunggu kendaraan lain saat berpapasan.

“Harus bersabar, jangan saling mendahului jalan hanya bisa dilalui satu arah saja,” pesannya.

Apalagi saat malam hari, di mana kondisi jalan menjadi lebih gelap. Pengguna jalan harus ekstra hari-hati saat melintas.

Jika datang hujan deras sebaiknya pemgguna jalan berhenti sebentar, sekaligus memastikan kondisi jalan tidak berbahaya untuk dilintasi.

Joko menghimbau, warga bisa saling mengingatkan saat melalui jalan tersebut. Apalagi bagi warga yang bukan asli daerah harus berhati-hati saat melintas.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar jalan tersebut tetap bisa dilalui dengan aman, namun bagi pengendara juga harus hati-hati jangan memaksakan diri saat kondisi sedang tidak mendukung,” pesannya.(set)