Hujan Deras, Luapan Air Landa Parakan hingga Rusak Fasum

Hujan Deras, Luapan Air Landa Parakan hingga Rusak Fasum
Hujan deras yang menguyur Kecamatan Parakan Kamis (1/4), menyebabkan bencana banjir di Parakan.

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Hujan deras yang menguyur Kecamatan Parakan Kamis (1/4), menyebabkan bencana banjir di sejumlah titik di Kecamatan Parakan.

Kepala BPBD Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, hujan deras yang menguyur Kecamatan Parakan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga saluran irigasi tidak bisa menampung derasnya air hujan.

“Hujan mulai turun sekitar pukul 14,00, WIB, intensitas hujannya cukup deras,” terangnya Kamis kemarin.

Ia mengatakan, debit air irigasi yang bermuara dari sungai Ngesrep Kecamaatn Parakan meningkat tinggi mengakibatkan luapan dan banjir yang terjadi di kampung Dangkel Kecamatan Parakan karena ada bebrapa titik gorong-gorong yang tersumbat.

Ia menjelaskan, luapan air hujan menyebabkan banjir,hingga mengakibatkan kerusakan beberapa fasum antara lain, jalan kampung beberapa Aspal mengelupas yang terjadi di RT.02,03,04,senderan dan tembok bahu saluran longsor dan hanyut.

Selain itu lanjutnya, 2 unit sepeda motor warga hanyut, Luapan sampai pertigaan jembatan brangkongan dan material ke jalan , dan akses jalan raya parakan -ngadirejo macet total dan beberapa pengendara roda 2 jatuh.

“Pukul 16.00WIB air sudah surut dan benerapa rumah yang tergenang sudah di bersihkan warga .dan jalan raya kembali mormal. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” terangnya.

Petugas BPBD Temanggung masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan penanganan pertama akibat bencana tersebut.(set)

Artikel Menarik Lainnya :  Jokowi dan Anak Buahnya Divonis Bersalah Langgar Hukum Polusi Udara