Hore! Semua Desa di Kabupaten Magelang Sudah Terkoneksi Jaringan Internet

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM TIK yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang bagi para kader PKK Desa untuk input data pada aplikasi online SIM PKK.
ONLINE. Pelatihan peningkatan kapasitas SDM TIK yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang bagi para kader PKK Desa untuk input data pada aplikasi online SIM PKK.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Seluruh desa di wilayah Kabupaten Magelang sudah terkoneksi jaringan internet. Data tersebut didapatkan dari hasil survei Pendataan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Desa. Survei tersebut dilakukan pada 367 responden pemerintah desa periode 20 Agustus sampai 8 Oktober 2021.

“Seluruh Kantor Pemerintah Desa telah memiliki koneksi internet di lingkungan unit kerjanya,” ucap Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Endra E Wacana di kantornya, Kamis (4/11/2021).

Namun disayangkan, ketersediaan jaringan internet tersebut tidak diimbangi dengan kapasitas SDM di bidang TIK pada kantor pemerintahan desa. Menurut Endra, untuk mendorong Program Digitalisasi Desa, diperlukan tenaga teknis atau operator TIK yang memadai.

“Masih ada 60 persen Pemerintah Desa yang belum memiliki tenaga operatornya. Padahal jaringan internet ada dan perangkat TIK juga ada,” terang Endra.

Menurut survei tersebut, sebagian besar desa menggunakan layanan Indihome dan jaringan internet dari Dinas Kominfo Kabupaten Magelang. Tapi tidak sedikit juga desa yang menggunakan layanan internet lokal seperti Tidar Net dan Core Net.

“Bahkan ada juga beberapa desa yang memiliki dua jalur koneksi internet,” ungkap Endra.

Endra menyampaikan, berdasar hasil survei yang dilakukan, sebagian besar Pemerintah Desa telah memiliki perangkat TIK seperti video conference, CCTV, proyektor, printer, smart TV dan UPS.

“Ketika harus dilakukan video conference, masih ada Pemerintah Desa yang menumpang di Kecamatan. Itu karena Desa belum memiliki tenaga teknis sendiri,” beber Endra.

Menurut Endea, ada tiga hal yang harus dilakukan Pemerintah Desa guna mendorong Program Digitalisasi Desa. Pertama, adalah penyiapan perangkat/alatnya, kedua, sistem jaringan dan yang ketiga adalah SDM.

Dinas Kominfo Kabupaten Magelang sendiri sudah sering melakukan pelatihan peningkatan kapasitas SDM tenaga teknis untuk Pemerintah Desa.

Artikel Menarik Lainnya :  4 Tahun Mati Suri, Dewan Kesenian Kota Magelang Dibangkitkan Kembali

Dirinya berharap, jaringan internet tersebut kemudian bisa juga dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Selama ini, jaringan tersebut baru digunakan untuk pelayanan administrasi desa.

“Masyarakat juga bisa mengakses jaringan internet itu untuk pembelajaran online, UMKM online atau hal positif yang lainnya,” tandas Endra.(cha)