HKG PKK ke-50, Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

HKG PKK ke-50, Tingkatkan Peran dalam Pembangunan
Peringatan HKG PKK Ke 50 Tingkat Kabupaten Magelang. Ketua TP PKK Christanti Handayani Zaenal Arifin saat menyerahkan hadiah pada pemenang lomba dalam rangkaian peringatan HKG PKK ke 50 tingkat Kabupaten Magelang.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – PKK adalah mitra kerja pemerintah. PKK sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah dan dengan pola pendekatan sosial. Diharapkan bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin mengatakan, peringatan HKG PKK ke 50 ini merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting terkait implementasi pelaksanaan 10 program pokok PKK dan menjadi sangat istimewa, karena merupakan peringatan emas gerakan PKK di Indonesia.

“Harapan saya untuk PKK bisa memperdayakan, struktur PKK yang sudah ada dari tingkat pusat sampai dasa wisma, management sumber daya, membuat program kerja, PKK sudah mempunyai MOU dengan BNN dan bekerjasama dengan CSR yang ada,” ucap Christanti, bersama anggota tim penggerak PKK tingkat kecamatan dan desa memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) Ke 50 tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2020 di Pendopo drh Soepardi, Senin (20/6/2022).

Dalam rangkaian peringatan HKG PKK ke 50 tahun 2022 ini, TP PKK Kabupaten Magelang melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan antara lain dari sekertariat yaitu Lomba tertib administrasi kantor PKK Kecamatan, Bintek SIM PKK dan Rakor Tim Pembina PKK, Verifikasi Data PKK di 21 Desa Binaan.

“Kegiatannya antara lain di Pokja I yaitu Lomba pola asuh anak dan remaja (PAAR), Pokja II Lomba UP2K Tingkat Kabupaten. Pokja III Lomba Aku Hatinya PKK dan di Pokja IV kegiatan sosialisasi reproduksi remaja,” terang Christanti.

Pada kesempatan yang sama, Christanti juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TP PKK Kecamatan atas pembinaan dan pendampingannya ke TP PKK desa dan kelurahan. Dimana diketahui bahwa TP PKK Desa/Kelurahan sampai ke kelompok dasa wisma adalah ujung tombak gerakan PKK.

Dirinya berharap momentum ini, menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaharuan, mengembangkan kreasi dan kreatifitas dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

“Kita masih dihadapkan pada pandemi covid 19, yang dampaknya sungguh luar biasa, pada kesehatan, pendidikan sampai pada menurunnya kualitas hidup dan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Karenanya saya mengajak TP PKK di setiap jenjang untuk terus memberikan bimibingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader kader PKK termasuk kader dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program progran PKK, agar tetap selaras dengan program program pemerintah,” pungkas Christanti. (cha).