HGN 2021, 561 Siswa SMP di Kota Magelang Gelar Polling untuk Pilih Guru Inspiratif

HGN 2021, 561 Siswa SMP di Kota Magelang Gelar Polling untuk Pilih Guru Inspiratif

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Momen Hari Guru Nasional (HGN) 2021, merupakan hari spesial yang membahagiakan bagi seorang guru.

Sebagai wujud terima kasih kepada gurunya siswa SMPN 7 Magelang yang telah memajukan pendidikan memberikan penghargaan kepada guru-guru mereka. Sebanyak 561 siswa memilih guru yang bagi mereka merupakan guru Inspiratif melalui poling.

Inesa Gema selaku Ketua OSIS SMPN 7 Magelang menjelaskan tujuannya mengadakan poling adalah mencari guru yang inspiratif. Penghargaan guru Inspiratif yang terdiri dari 5 kategori yaitu guru inspiratif dalam Pengabdian, Penerapan Kedisiplinan, Penerapan 5S (Senyum,Salam,Sapa,Sopan dan Santun), pemberian motivasi, kreatif dalam pembelajaran dan karyawan inspiratif dalam pelayanan.

“Kami membuat poling tersebut untuk mencari guru inspiratif yang telah berusaha dengan keras di sekolah kami, jadi bukan hanya ingin mencari siapa guru yang terbaik semata, namun ini wujud apresiasi kami dan terima kasih kami, walaupun banyak kendala, bapak ibu guru tetap tegar, sabar dan berusaha mencari cara agar kami tetap semangat belajar,”tuturnya

Inesa menjelaskan poling tersebut dibuat dengan mengunakan Google Formulir yang di sebarkan 2 hari sebelumnya dengan jumlah responden kurang lebih 561 siswa kelas 7,8 dan 9. “Jadi semua siswa bebas memilih guru inspiratif mereka,”ujarnya.

Plt Kepala Sekolah SMPN 7 Magelang, Tri Kusnandi MPd mengatakan sebelum mengadakan poling siswa mengajukan proposal. “Saya setuju dengan ide siswa ini, poling ini bukan mencari siapa guru yang pailing hebat namun kita berusaha memberi apresiasi dan penghargaan kepada bapak ibu guru yang di tengah pandemki ini tetap santun, disiplin dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran secara Blended Learning tanpa mengenal lelah, saya tandaskan bahwa semua guru di sekolah ini adalah guru hebat semua namun kita mencari siapa saja diantara mereka yang telah berjuang dengan keras sehingga dimata para siswa mereka bisa menjadi yang paling menginpirasi pada saat ini,”ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  SMKN 3 Magelang Gelar Pendampingan Penyusunan Syarat-syarat Pengembangan BLUD

Selain itu tujuan polling itu juga menjadi sarana evaluasi kami sebagai tingkat pelayanan kami  kepada orang tua/wali murid dan siswa SMPN 7 Magelang. “Sehingga kita dapat mengetahui tingkat kepuasaan dan keberhasilan guru dan karyawan kami dalam melanyani mereka, karena kami menganggap mereka adalah konsumen utama kami,”tambah kepala sekolah.

Beberapa guru yang mendapatkan penghargaan Guru Inspiratif antara lain, Guru Inspiratif dalam pengabdian yaitu Tatik Atmirah S.Pd, Chory Hikmawati, S.Pd, Da’olah S.Pd dan Arinda Kusumawarni SPd. Selanjutnya, Guru Inspiratif dalam Penerapan Kedisiplinan yaitu Tatik Atmirah S.Pd, Guru Inspiratif dalam Penerapan 5S yaitu Nella Hidayah, S.PdI, Guru Inspiratif dalam Pemberian Motivasi yaitu Agus Abdul Gofur, S.Pd, Guru Inspiratif dalam Kreatifitas Pembelajaran kelas 7 yaitu Agus Abdul Gofur, S.Pd, Kelas 8 yaitu Agustin Mustikawati, S.Pd dan kelas 9 yaitu Nella Hidayah, S.PdI dan yang terakhir Karyawan Inspiratif dalam Pelayanan Prima yaitu Tri Setyo Hardiyanto.

Selain memberikan penghargaan siswa SMPN 7 Magelang juga memberikan kejutan usai pelaksanaan upacara hari guru di sekolah. Para siswa memberikan bucket mini bunga mawar yang diberikan kepada seluruh guru dan karyawan SMPN 7 Magelang sambil mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf jika selama pandemi ini belum bisa memberika prestasi terbaik bagi orang tua dan sekolah. Upacara berlangsung kurang lebih 1 jam lalu semua  guru mengambil photo untuk kenang-kenangan bersama. (adv/hen)