Hati-Hati Melintas di Jalur Maut Kertek

Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Sugito SH
Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Sugito SH

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Pengemudi truk dengan beban berat yang melintas turunan tajam di Jalan Sindoro Sumbing Kertek harus waspada. Terutama untuk pengemudi dari luar provinsi yang baru pertama kali melintas jalur tersebut.

“Jalur tersebut rawan terjadi kecelakaan maut. Dalam waktu kurang dari setengah bulan saja, sudah terjadi dua kecelakaan yang menewaskan tujuh orang,” Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Sugito SH  ketika ditemui di kantornya, Selasa (22/6).

Menurutnya, para pengemudi agar berhati-hati saat melewati jalan menurun panjang di jalur Kledung Temanggung hingga Kertek Wonosobo. Pasalnya meski sudah ada rambu-rambu jalur tengkorak dan jalur penyelamat, namun kecelakaan mematikan masih tetap terjadi di wilayah Gondang Candimulyo dan Dalangan Purwojati Kertek Wonosobo itu.

“Selain jalan menurun panjang, di sepanjang pinggir jalan jalur -Kertek juga terdapat banyak jurang. Sehingga saat terjadi kecelakaan, kebanyakan mobil sampai terperosok ,” imbuhnya.

Dijelaskan, sebagian mobil yang mengalami musibah karena kasus rem blong dan mobil besar bermuatan berat/penuh. Karena sopir sering menginjak rem, rem jadi tak kuat dan mengalami blong di jalan menurun.

“Sebagian besar sopir yang mengalami kecelakaan juga berasal dari luar kota. Kebanyakan dari wilayah Jawa Timur. Mereka rata-rata belum mengenal medan yang ada,” ujar pria yang pernah menjabat Kanit Laka di Poltabes Semarang itu.

Kecelakaan yang ada, lanjut dia, acap terjadi secara karambol karena melibatkan beberapa mobil dan sepeda motor. Mobil yang mengalami rem blong akan mblandang dari atas dan menghantam mobil dan sepeda motor yang ada di depannya.

“Dalam kondisi seperti itu, sopir pasti panik dan sudah tidak bisa mengendalikan situasi. Akibatnya mobil yang dikendarai akan lepas tanpa dapat dikendalikan. Maka patuhi rambu dan arahan petugas,” pungkasnya. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  PTM Sudah Jalan, Vaksinasi Pelajar di Wonosobo Masih Cukup Rendah