Hasil Pilkades Serentak di Kabupaten Magelang, Masih Didominasi Calon Incumbent

pilkades
PILKADES. Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Magelang 2019, calon Incumbent masih banyak yang eksis.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Dalam Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Magelang Minggu (24/11) lalu, calon kades incumbent masih dominan terpilih kembali.

Kabid Dinas Pemerintahan dan Pemberdayaan Desa, (Dispermades) Kabupaten Magelang, Khoirul Anwar mengatakan, calon kades incumbent masih cukup eksis untuk terpilih kembali. “Hanya terpaut sedikit antara incumbent terpilih kembali dan incumbent yang gagal,” ucap Khoirul, Selasa (26/11).

Adapun data dari Dinas Pemerintahan dan Pemberdayaan Desa, (Dispermades) Kabupaten Magelang, jumlah incumbent yang mendaftar 243 orang,   jumlah incumbent yang gugur diseleksi tambahan dua orang.

Baca juga
Tim Resmob Polres Magelang Amankan Botoh Pilkades, Sita Uang Rp19 Juta

Jumlah incumbent yang kalah dalam Pilkades 89 orang, jumlah incumbent yang menang dalam Pilkades 151 orang. Dan Incumbent yang tidak dapat melanjutkan proses Pilkades yaitu kepala Desa Blondo.

“Jadi jumlah desa yang menggelar Pilkades serentak 2019 ada 293. Dari usia termuda yang mendaftar Pikades kelahiran tahun 1994 dari Desa Jumoyo Kecamatan Salam, namun kalah. Dan yang tertua dari Desa Purworejo Kecamatan Candimulyo, yang juga kalah. Sedangkan Kades terpilih termuda dari Desa Banjarrejo Kecamatan Kaliangkrik atas nama atas nama Muh Heri SH kelahiran tahun 1993,” papar Khoirul.

Sementara pemenang Pilkades di Desa Koripan Kecamatan Tegalrejo, Hasyim As’ari, tergolong berusia muda, kelahiran tahun 1984, berhasil mengalahkan calon incumbent.

“Di Desa Koripan ada dua calon, saya dan incumbent, kebetulan yang menang saya dan Insyaallah saya siap memimpin desa,” tandas Hasyim.(cha).