Hari Pertama UTBK, Untidar Magelang Mitigasi Persoalan Teknis

JUMPA PERS. Rektor Untidar, Prof Dr Ir Mukh Arifin MSc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Dr Ir Noor Farid Msi dan lainnya menggelar konferensi pers di hari pertama pelaksanaan UTBK di Untidar, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
JUMPA PERS. Rektor Untidar, Prof Dr Ir Mukh Arifin MSc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Dr Ir Noor Farid Msi dan lainnya menggelar konferensi pers di hari pertama pelaksanaan UTBK di Untidar, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Universitas Tidar (Untidar) Magelang turut menyelenggarakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) hari pertama, Selasa (17/5). Sebanyak 926 peserta atau 94,36 persen kehadiran dari 981 pendaftar mengikuti seleksi tersebut.

Rektor Untidar, Prof Dr Ir Mukh Arifin MSc mengatakan, perguruan tinggi negeri di Magelang itu kembali dipercaya untuk menjadi salah satu lokasi UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Untidar ditunjuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

”Jalannya UTBK hari pertama (kemarin) berhalan lancar. Ada 8 lokasi penyelenggaraan UTBK tahun ini, yaitu selain kompleks Untidar, ada di SMA Negeri 2 Magelang, SMA Negeri 4 Magelang, SMA Negeri 5 Magelang, SMK Negeri 1 Magelang, SMK Negeri 2 Magelang, SMA Negeri 1 Mungkid, dan SMK Ma’arif Mungkid,” kata Mukh Arifin di sela konferensi pers, kemarin.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Dr Ir Noor Farid Msi menambahkan, pihaknya belajar dari pengalaman tahun lalu, untuk memeriksa segala kesiapannya.

”Mulai dari kesiapan peralatan, pasokan listrik, agar peserta yang menjalani ujian tidak terkendala, masalah teknis,” katanya.

Tahun ini, peserta UTBK di Untidar ada sebanyak 8.402 orang dengan rincian 4.460 peserta kelompok Sosial Humaniora (Soshum), 3.628 kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan 314 peserta kelompok campuran.

Ia melanjutkan bahwa jumlah ruangan yang disediakan sebanyak 32 ruang dengan kapasitas peserta 15-20 peserta tiap ruangnya.

Dia menyebut, para peserta UTBK di Untidar ini masih didominasi dari Jawa Tengah dengan persentase sebanyak 96 persen atau 8.229 orang.

”Jika dirinci lagi, dari jumlah tersebut peserta terbanyak sejumlah 3.851 berasal dari Kabupaten Magelang. 1.865 dari Temanggung, 906 asal Kota Magelang, dan daerah sekitarnya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa tidak semua peserta ini mendaftarkan UTBK SBMPTN ke Untidar. Sebab, Untidar hanya sebagai salah satu lokasi penyelenggaran pelaksana UTBK.

”Dari total 8.229 orang yang mendaftar bisa memilih PTN se-Indonesia. Tidak semua memilih Untidar, karena kami hanya sebagai tempat pelaskana UTBK saja,” katanya.

UTBK tahun 2022 sendiri, papar dia, dilaksanakan dalam 2 gelombang. Pertama digelar 17-23 Mei 2022 sedangkan gelombang 2 digelar pada 28 Mei-3 Juni 2022.

”UTBK di Untidar ini hanya sampai pada 2 Juni nanti. Setiap harinya dilaksanakan 2 sesi ujian yaitu sesi pagi pukul 06.45-10.30 WIB dan sesi siang pukul 13.00-16.45 WIB, kecuali hari Jumat sesi siang dilaksanakan pukul 13.15-17.00 WIB,” jelas Noor Farid.

Peserta dan panitia pelaksana masih diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

”Bedanya tahun ini lebih ada kelonggaran di mana hanya mensyaratkan peserta wajib sudah vaksin lengkap, terdata, dan memiliki aplikasi PeduliLindungi,” pungkasnya. (wid)