Harga Tinggi, Warga Ogah Beli Ayam

SEPI. Lapak daging ayam di pasar tradisional Kota Magelang sepi pengunjung.

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG UTARA – Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Magelang mengalami kenaikan signifikan. Saat ini, 1 kilogram daging ayam broiler mencapai Rp39.000.

Kenaikan ini ditengarai bukan karena tingginya permintaan di masyarakat. Melainkan, ayam yang diambil dari para peternak pun sudah lebih dulu mahal.

“Saya jual Rp30.000 per ekor ini saja sebenarnya untungnya tidak terlau banyak karena harga pakan sudah mahal,” ujar Rasdi salah seorang peternak ayam di Magelang.

Di tangan pengolah daging ayam, harga per kilogram juga sudah tinggi. Rata-rata daging ayam broiler dijual sekitar Rp37.000 per kilogramnya.

“Kalau di pasar-pasar pasti pedagangnya juga nyari untung, sehingga naiknya kira-kira Rp3.000 menjadi Rp40.000 per kilogram,” ucap Tofa, salah seorang pengolah daging ayam.

Baca Juga
Walikota Resmikan Kantor ACT Cabang Magelang

Ngatimah (51) pedagang daging ayam di Pasar Kebonpolo Kota Magelang, mengatakan harga ayam potong mulai naik sejak sebulan yang lalu.

“Naik Rp7 ribu dari tadinya Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram sekarang Rp38 ribu,” katanya.

Dia mengatakan harga ayam sebulan yang lalu masih berkisar Rp30 ribu. Mahalnya daging ayam ini pun berimbas terhadap penjualannya. Belakangan, lapak milik Ngatimah ini terlihat sepi, kendati sudah masuk bulan Ramadan.

”Sekarang harga ayam naik drastis, jadi pembeli malas untuk beli ayam,” ujarnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh pedagang lain di pasar yang sama Sumarti (55) bahwa imbas naiknya harga ayam membuat penjualan ayam kian sepi.

”Permintaan biasanya tetap normal, walaupun mahal. Tapi belakangan, selain mahal pembeli juga nyaris tidak ada,” ungkapnya.

Dia pun tak bisa memprediksi harga ayam kembali normal. Pasalnya, selama ini acapkali soal harga ayam potong besar dipengaruhi para tengkulak ayam.

Artikel Menarik Lainnya :  Soliditas Warga Kupatan Perkuat Peran Satgas Jogo Tonggo

”Biasanya ikut pasar, atau pebisnis ayam. Jika harga ayam sedang naik, mereka juga akan menaikkan harga ayam dan apabila harga ayam sedang turun mereka akan menurunkan harga. Biasanya harga normal satu kilogram ayam sekitar Rp28 ribu,” ungkapnya. (wid)