Harga Telur Ayam Negeri Melonjak Naik, Capai 30 Ribu Per Kilogram

Harga Telur Ayam Negeri Melonjak Naik, Capai 30 Ribu Per Kilogram
Dalam beberapa hari terakhir harga telur ayam negeri di pasaran mulai merangkak naik cukup signifikan.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKPRES.COM – Dalam sepekan terakhir, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Temanggung mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Kenaikan cukup mencolok paling terlihat pada komoditas telur ayam negeri yang mencapai sekitar 25 persen dari sebelumnya.

Seperti diungkapkan oleh salah seorang pedagang sembako di Komplek Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Kholifah. Menurutnya telur ayam yang sebelumnya harga berkisar Rp 24.000 per kilogram, saat ini melonjak di angka Rp 30.000 per kilogramnya.

“Penyebab kenaikan telur ayam dikarenakan semakin mahalnya harga pakan ditambah dengan faktor cuaca yang menjadi pemicu makin sulitnya perawatan ayam-ayam di tingkat peternak,” akunya, Sabtu (20/8/2022).

Kemudian untuk tepung terigu yang sebelumnya dijual Rp 8.000 per kilogram, kini dipatok Rp 10.500 per kilogramnya. Sementara, komoditas beras rata-rata juga mengalami kenaikan sebesar Rp 500 per kilogramnya.

“Naiknya harga beberapa komoditas kebutuhan pangan ini sudah terjadi sejak sekitar sepekan terakhir. Kalau tepung terigu bisa jadi karena efek perang Ukraina dan Rusia yang memicu potensi krisis pangan dunia,” imbuhnya.

Kenaikan yang terjadi tersebut sangat dikeluhkan para pedagang. Pasalnya, hal ini berimbas pada turunnya omset dagangan mereka hingga sekitar 50 persen.
“Jelas ada pengaruh dengan kenaikan harga kebutuhan pokok ini. Dan sangat terasa pada turunnya omset dagangan kami,” keluhnya. (riz)