Harapkan Berkah Alquran, Afif Gelar Khataman dan Simaan 30 Juz

KHATAMAN. Sehari sebelum pelantikan bupati-wakil bupati Wonosobo, digelar khataman dan simaan Alquran di Ruang Tamu Pendapa Kabupaten (24/2).

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Menuju H-1 pelantikan Bupati Wonosobo terpilih Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Muhammad Albar, digelar agenda khataman dan simaan Alquran 30 juz di Ruang Tamu Pendopo Kabupaten, kemarin (25/2). Agenda itu dipimpin Imam Masjid Jami’ Wonosobo Kiai Arif Romadhon. Hal ini dinilai sebagai sebuah awal yang baik.

Mengingat upaya membumikan Alquran telah dilakukan para pendahulu termasuk KH Muntaha Al Hafidz. Khataman dan simaan Alq uran yang dimulai sejak pagi hingga menjelang sore dipimpin dua hafidz dan satu hafidzoh. Mereka adalah Kiai Slamet Choiri Muttaqin, Kiai Arif Romadhon dan Nyai Maryatul Kibtiyah. Afif Nurhidayat mengikuti pembacaan juz satu Alquran kemudian bersama keluarganya melakukan ziarah ke makam orang tua

“Pak Afif dan Gus Albar besok akan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo. Ini sebagai hal yang baik, membumikan Alquran, dan semoga dirutinkan di pendopo ini. Di ponpes Wonosobo telah banyak melahirkan penghafal Alquran dan semoga kita dijauhkan dari bencana apapun,” ungkap Kiai Arif.

Diungkapkan Afif Nurhidayat agenda itu memang diadakan untuk mengawali amanah jabatan sebagai bupati dan wakil bupati. Yakni dengan mengharap berkah dari Alquran. Sebelumnya Afif juga telah melaksanakan ziarah kubur ke makam kedua orang tuanya di Sampih, Sukoharjo. Di masa kecilnya, Afif Nurhidayat tumbuh besar di Kwarasan Sukoharjo. Afif sendiri merupakan putra ke-3 dari 7 bersaudara dari orang tua almarhum Amin Suwarno dan Siti Aminah.

“Tradisi khataman dan simaan Alquran ini semoga menjadi agenda rutin pemerintah dan masyarakat. Apalagi Wonosobo dikenal sebagai kota santri,” katanya.

Baca Juga
Hama Wereng Momok bagi Petani Temanggung

Usai diadakannya khatmil Alquran agenda pada malam hari akan diadakan mujahadah dan Istighosah  bersama para tokoh masyarakat yang dihelat terbatas (25/2). Mengingat pelantikan pada Jumat (26/2) dilaksanakan secara virtual, pihaknya meminta semua pihak bisa mengikuti acara live melalui kanal youtube Wonosobo WEBTV. Sehingga bagi yang tidak bisa mengikuti di tempat bisa menyaksikan langsung dari rumah atau tempat kerjanya masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya :  Sempat Ditolak Warga, Pembongkaran Median Jalan di Pertigaan Pasar Berlanjut

“Adanya pandemi global covid-19, membuat prosesi pelantikan bupati dan wakil bupati dihelat secara virtual. Tamu yang datang pun dibatasi 25 orang untuk menghindari penularan dan penyebaran virus covid,” tandasnya. (win)