Harapan Walikota Magelang, Gelora Sanden Bisa Berikan Kontribusi Positif bagi Olahraga dan PAD

CEK. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz didampingi Wakilnya KH M Mansyur, Sekda Joko Budiyono, dan sejumlah pejabat daerah melakukan pengecekan lapangan pembangunan tribun timur Samapta Aquatic, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
CEK. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz didampingi Wakilnya KH M Mansyur, Sekda Joko Budiyono, dan sejumlah pejabat daerah melakukan pengecekan lapangan pembangunan tribun timur Samapta Aquatic, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz berharap kelengkapan fasilitas olahraga di Gelora Sanden, harus diiringi dengan prestasi-prestasi yang hebat di bidang olahraga. Selain itu, Gelora Sanden juga diharapkan mampu memberi kontribusi positif bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu diungkapkan dr Aziz saat meninjau proyek fisik di Lapangan Tenis Outdoor dan Samapta Aquatic kompleks Gelora Sanden, Selasa (21/9). Turut mendampingi Wakil Walikota Magelang KH M Mansyur, Sekda Joko Budiyono, dan segenap kepala OPD.

“Kita sudah punya sarana olahraga yang hebat, tinggal bagaimana prestasi para atletnya. Kita punya fasilitas luar biasa buat apa kalau prestasinya biasa-biasa saja atau bahkan tidak ada, eman-eman,” katanya.

Dia pun mendorong Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk sinergi meningkatkan prestasi atlet-atletnya. Baru saja ia melantik pengurus KONI Kota Magelang dengan Ketua Ali Sungkar untuk periode 2021-2025.

“Saya sampaikan ke pengurus KONI, ayo tingkatkan prestasinya. Manfaatkan fasilitas yang ada di Gelora Sanden dan venue lainnya dengan maksimal. Seperti lapangan tenis kita yang hebat, harusnya ada atlet tenis kita yang bisa juara nasional,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disporapar Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih mengutarakan, sesuai semua fasilitas olahraga yang dimiliki Pemkot harus dijaga. Selain itu juga merawat dengan baik agar tidak rusak.

“Istilahnya, bocor sedikit harus langsung diperbaiki. Saya sudah minta UPT untuk segera memperbaiki beberapa titik di GOR Samapta yang catnya mengelupas. Saya ingin fasilitas olahraga ini betul-betul dijaga kualitasnya,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinsos ini pun sepakat bahwa fasilitas olahraga yang bagus ini harus diimbangi dengan prestasi para atletnya. Ia pun siap memfasilitasi semua cabang olahraga untuk dapat memanfaatkan venue yang tersedia dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 2 Magelang Lakukan Simulasi PTM

“Prestasi atlet kita sebenarnya banyak, tapi kurang terekspos saja. Baru saja kita lepas atlet kita untuk berlaga di PON XX Papua 2021, yakni cabor selam dan sepatu roda. Menarik, kedua cabor ini belum punya venue tapi sudah menunjukkan prestasi yang luar biasa,” terangnya.

Menurut Wulan, fasilitas olahraga ini tidak hanya untuk meningkatkan prestasi atlet saja, lebih dari itu juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum. Misalnya, kolam renang suatu saat bisa menjadi tempat rekreasi keluarga.

“Saya izinkan UPT untuk studi banding di Jakarta yang katanya ada kolam renang yang memiliki pengaturan untuk kedalamannya. Jadi, saat kolam digunakan untuk latihan atlet diatur kedalamannya yang sesuai. Sebaliknya ketika dipakai masyarakat umum diatur juga kedalamannya yang pas,” jelasnya.

Ia pun menginginkan kolam renang di Samapta Aquatic memiliki alat pengatur kedalaman itu. Jadi, ketika dipakai oleh anak-anak dan keluarga bisa nyaman. Sebaliknya, ketika dipakai atlet untuk latihan juga nyaman.

“Kolam renang kita bisa untuk prestasi, bisa juga untuk rekreasi. Mudah-mudahan ini segera terwujud, sehingga fasilitas yang kita punya betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas,” ungkapnya. (wid)