Hacker Pembobol Situs Setkab RI Ditangkap

Hacker Pembobol Situs Setkab RI Ditangkap
Hacker Pembobol Situs Setkab RI Ditangkap

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Laman atau situs resmi Sekretariat Kebinet (Setkab) RI diretas orang tak bertanggung jawab pada akhir Juli lalu. Namun, kini peretasnya sudah ditangkap.

Kabaresktim Komjen Agus Andrianto mengatakan pihaknya telah menangkap pelaku peretasan laman setkab.go.id. Pelaku yang mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake Padang Blackhat itu ditangkap pada Jumat (7/8).

“Sudah ditangkap Jumat kemarrin,” katanya dalam keterangan singkatnya, Minggu (8/8).

Sayangnya, Komjen Agus tak membeberkan secara detail proses penangkapan dan siapa pelakuknya. Dia hanya mengatakan kasus ini akan disampaikan secara resmi oleh Dirtipidsiber Bareskrim pada Senin besok (9/8).

“Senin nanti saya minta Dirtipidsiber untuk ekspose,” imbuhnya.

Diketahui Situs Setkab diretas pada Sabtu (31/7). Situs resmi Setkab ini hanya menampilkan layar hitam dengan foto yang menampilkan demonstran membawa bendera merah putih.

Di bawahnya tertulis keterangan, “Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake”

Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab, Thanon Aria Dewangga, sebelumnya mengatakan Bareskrim Polri sudah mendeteksi terduga pelaku peretasan situs setkab.go.id.

Thanon menilai masyarakat dirugikan atas hal tersebut.

“Kami berpikir juga bahwa website ini tentu ada gunanya untuk masyarakat agar informasi pemerintahan bisa sampai ke masyarakat. Tiba-tiba ada yang nge-hack, berarti ini yang dirugikan bukan hanya Setkab tapi juga masyarakat. Makanya kami adukan ke Bareskrim Polri,” ujar Thanon.

Peretasan terhadap situs Sekretariat Kabinet RI bukan hanya tejadi kali ini. Sebelumnya pada 24 Desember 2015 situs mereka juga pernah diretas.(gw/fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Jadi Tersangka Lagi, ini kasusnya...