Gubernur Akmil Pastikan Akmil Bebas Corona

PELANTIKAN. Pelaksanaan Upacara Praspa dilangsungkan di Stadion Sapta Marga, Akmil Magelang, sekaligus dilantik menjadi Perwira Remaja (Paja) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG  – Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan bahwa tidak ada satupun taruna maupun organik militer di Akademi Militer yang terpapar virus Corona atau Covid-19. Dudung menyebut sebanyak 1.042 taruna di Akmil sudah menjalani rapid test selama beberapa kali dan hasilnya non-reaktif.

“Tidak ada. Alhamdulillah Akademi Militer, tidak ada kasus Covid-19,” kata Dudung kepada wartawan usai Upacara Prasetya Perwira secara virtual di Stadion Sapta Marga Akademi Militer Magelang, kemarin.

Ia mengatakan, seluruh taruna wajib menjalani rapid test. Terlebih kepada mereka yang sempat pulang ke rumah.

“Sudah dites semuanya jumlahnya 1.042 termasuk organik Akmil, pengajar, dan lain sebagainya tidak ada satupun yang reaktif. Karena kita pembinaan fisiknya sehingga imunitasnya kita sangat bagus. Kemudian, kalau kita akan kegiatan misalnya pesiar, kita rapid dulu. Kembali cuti, rapid dulu,” lanjutnya.

Baca Juga
80 Persen Sektor Parisiwata di Kabupaten Magelang Terdampak Corona

Menyinggung soal antisipasi virus corona di lingkungan Akmil, katanya, ada pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap orang yang akan memasuki kawasan Akmil. Selain itu, pihaknya juga menyediakan bilik penyemprotan disinfektan.

“Kita rurin termasuk orang dari luar, juga organik kita kalau keluar misalnya melalui protokol kesehatan harus melalui pengecekan suhu. Kemudian masuk, boks kesehatan di situ disemprot disinfektan segala macam. Begitu juga di dalam kita menggunakan masker,” ujarnya.

Kemudian sebelum memasuki ruang kelas, kata Dudung, para Taruna harus dicek suhu tubuhnya. Termasuk cuci tangan dan memakai masker juga jadi kewajiban sebelum masuk kelas.

Sedangkan pembelajaran selama pandemi ini, kata dia, lebih banyak dilakukan secara virtual.

“Jadi justru banyak yang menggunakan virtual, jadi kalau istilah disini e-learning, jadi kalau hal-hal perlu diskusikan baru di dipertemukan, tapi tetap menggunakan jarak,” katanya.

Sementara itu, sebanyak 254 Taruna Tingkat IV Akademi Militer dilantik menjadi Perwira Remaja (Paja) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Mereka yang dilantik ada 254 Taruna terdiri 232 Taruna dan 20 Taruni, sedangkan dua Taruna berada di Istana Negara sebagai perwakilan penerima Anugerah Adhi Makayasa dan perwakilan penyumpahan.

Upacara Prasetya Perwira (Praspa) secara virtual serentak dari Istana Negara dan di masing-masing Akademi TNI serta Akademi Kepolisian. Di mana untuk Akmil di Magelang, AAL di Surabaya, AAU di Jogjakarta, dan Akademi Kepolisian di Semarang. Untuk peraih Adhi Makayasa dari masing-masing angkatan dan perwakilan penyumpahan dilangsungkan di Istana Negara.

Adapun untuk Akademi Militer (Akmil) pelaksanaan Upacara Praspa dilangsungkan di Stadion Sapta Marga, Akmil Magelang. Mereka yang dilantik berdiri di tengah-tengah stadion dengan tetap memakai protokol kesehatan yakni memakai masker dan berjarak antarsatu Perwira Remaja dengan lainnya.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, pelantikan dilakukan secara virtual. Biasanya pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, namun karena kondisi saat ini dengan adanya pandemi, maka pelantikan dilakukan secara virtual.

“Biasanya dilakukan di Istana Negara, cuma situasi dan kondisi saat ini, maka dilakukan secara virtual. Tapi yang ke sana ada perwakilan, peraih Adhi Makayasa dan yang disumpah,” katanya. (wid)