Ganjar dan Habib Syech Ajak Pramuka Jateng Ikut Mnginisiasi Aktivitas Lingkungan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Habib Syech saat menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Habib Syech saat menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam.

TEGAL, MAGELANGEKSPRES.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mendorong Pramuka Jateng untuk menjadi kekuatan dalam menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitar. Di antaranya dalam hal ketahanan pangan, menjaga kebersihan lingkungan, serta antinarkoba dan cegah pernikahan dini.

“Mereka musti membantu tetangga kiri-kanannya agar ketahanan pangan bisa dilakukan. Ayo tanami pekarangannya, siapkan tanaman-tanaman pendamping beras, ini kita dorong agar mereka menjadi kekuatan untuk bisa menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitarnya. Jadi ngiras-ngirus, sambil selawat kita edukasi pramuka kita,” kata Ganjar usai menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam.

Selain ketahanan pangan, Ganjar juga berpesan agar Pramuka Jateng  juga berpartisipasi pada banyak hal. Seperti gerakan antinarkoba, kampanye gerakan Jo Kawin Bocah (jangan menikah muda), dan menjaga persatuan.

“Jadi hari ini kita melihat kegembiraan bersama dan tentu saya memberikan pesan-pesan itu. Jadi ada nilai-nilai keagamaan yang diberikan oleh Habib Syech dan Majelis Ulama yang ada di Tegal, lalu ada Wagub (Taj Yasin Maimoen, Bupati Tegal, serta Kwarda Jateng. Awmua bicara nagaiman kita membangun ukhuwah Islamiyyah dan aktivitas Pramuka bisa bagus,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ganjar juga mengajak Pramuka Jateng menjaga lingkungan. Caranya dengan menjaga kebersihan serta aktif menanam pohon.

“Mari kita gerakkan untuk menanam. Kemarin Pramuka Jateng ikut menanam mangrove di pesisir Utara agar lingkungan terjaga dan sampah bisa dikendalikan.

Jadi bisa ijo royo-royo, sampah bersih, dan sumber air banyak,” kata Ganjar.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen beserta istri Nawal Taj Yasin, Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Bupati Tegal Umi Azizah, dan perwakilan Forkopimda.

Menurut Habib Syech, Pramuka Jateng Berselawat merupakan janji yang terpenuhi dari dirinya dan juga Ganjar Pranowo. Sebelumnya Pramuka Jateng Berselawat dan Jateng Berselawat sempat terkendala karena pandemi sehingga digelar terbatas dan daring. Tapi Pramuka Jateng Berselawat di Kabupaten Tegal itu mengawali kembali Jateng Berselawat yang digelar secara terbuka.

“Apabila saya dulu janji kepada masyarakat untuk berselawat di Tegal, malam hari ini saya bayar bersama dengan Bapak Gubernur. Jateng Berselawat itu adalah janji Pak Ganjar dulu dan alhamdulilah sampai awkarang terus ditepati,” katanya di sela acara.

Habib Syech juga sepakat dengan dorongan Ganjar Pranowo agar Pramuka Jateng lebih aktif dan kreatif di lingkungannya. Misalnya terkait ketahanan pangan, Habii Syech bercerita kalau ia juga menanami pekarangan atau atap rumahnya dengan tanaman seperti cabai dan sayuran.

“Saya juga tanam cabai di rumah. Di atas itu saya buat kebun dengan polibag dan hidroponik. Itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat juga,” ungkapnya di hadapan ribuan Pramuka Jateng dan masyarakat yang hadir.

Ia juga menegaskan bagaimana bahaya narkoba yang menjadi salah satu faktor perusak generasi bangsa. Maka ia menyerukan agar Pramuka Jateng menjadi garda terdepan untuk gerakan antinarkoba.

“Jangan sekalipun mau atau tergiur narkoba. Itu perusak bangsa,” katanya. (hms/riz)