Gandeng Bank Jateng, RSUD Temanggung Luncurkan Host to Host Billing System

Gandeng Bank Jateng, RSUD Temanggung Luncurkan Host to Host Billing System
Para pasien di RSUD Kabupaten Temanggung tengah mengantre di ruang tunggu poli Selasa (8/3). Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Guna memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pasien secara online, RSUD Kabupaten Temanggung meluncurkan program Host to Host Billing System dengan menggandeng Bank Jateng, Selasa (8/3) pagi.

Direktur RSUD Kabupaten Temanggung, Tetty Kurniawaty menjelaskan, layanan tersebut merupakan langkah inovatif pihak rumah sakit dalam perbaikan layanan kepada masyarakat sekaligus dimaksudkan untuk memudahkan sistem pembayaran non tunai bagi para pasien.

“Dengan program host to host ini, masyarakat dan pasien dapat melakukan pembayaran non tunai secara online. Antara lain melalui aplikasi RSUD Ramah, serta mendownload aplikasi di android serta JKN Mobile,” jelasnya.
Selain pembayaran biaya medis, dengan Host to Host terbut, pasien juga dapat mendaftar secara lebih cepat dan aman dari rumah dan lokasi manapun, tanpa melakukan antrean di loket-loket pendaftaran saat ingin berkonsultasi dengan dokter.

Lanjut Tetty, selain pendaftaran, pasien yang selama ini menunggu beberapa saat dalam proses pengambilan obat juga kian dipermudah dengan layanan antar GRAB.

“Jadi setelah konsul dokter, pasien tidak perlu lagi mengantre di loket farmasi. Tinggal pulang dan tunggu di rumah, nanti obat-obatan mereka akan diantar oleh layanan antar GRAB. Tidak perlu lama-lama mengantre seperti dulu,” tukasnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Jateng Temanggung, Wahyu Puji Santoso mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama antara pihak RSUD Temanggung dan Bank Jateng ini, diharapkan tidak terjadi lagi antrian-antrian yang mengular di berbagai loket layanan seperti dahulu.

Pihak Bank Jateng juga bermaksud mendidik agar masyarakat mulai terbiasa mengakses beragam layanan secara online di tengah perkembangan era digitalisasi seperti ini.

“Jadi tidak perlu lagi membayar secara cash money. Ini terhubung dengan sistem selama 24 jam penuh. Begitu pasien atau keluarga pasien membayar biaya rumah sakit langsung terekam dalam server kita. Bisa membayar dari rumah atau bahkan luar kota,” bebernya.

Pihaknya berharap dengan kerjasama tersebut, sistem pelayanan RSUD Temanggung akan semakin baik dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh berbagai akses layanan.

“Kemudahan transaksi seperti ini sangat perlu, untuk kemudahan di masa depan. Bisa lewat ATM Bersama, m-banking, e-banking, e-wallet seperti Go Pay, Ovo, Shopee Pay, dan lain sebagainya,” pungkasnya. (riz)