Forkompimda Wonosobo dan 300 ASN Jalani Swab

SWAB. Kegiatan Swab PCR bagi Forkopimda dan ASN di Lingkungan Setda dan Setwan Kabupaten Wonosobo.
SWAB. Kegiatan Swab PCR bagi Forkopimda dan ASN di Lingkungan Setda dan Setwan Kabupaten Wonosobo.

MAGELANGEKSPRES.COM, WONOSOBO – Sejumlah jajaran Forkopimda dan ratusan ASN kembali melakukan uji swab baru-baru ini. Swab tersebut dilakukan setelah beberapa instansi diketahui terpapar virus covid-19.

“Seluruh keluarga besar di instansi tersebut telah kita tracking kemarin di Gedung Korpri dengan melakukan Swab PCR,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, dr Jaelan Sulat kemarin.

Menurutnya, beberapa hari terakhir sedikitnya ada tiga instansi dilingkungan pemkab  dan satu BUMD yang telah di tracking seluruh ASN dan karyawan. Tiga instansi tersebut antara lain, Kantor Sekretaris Daerah, Kantor Sekretaris Dewan, dan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Serta Bank Wonosobo.

Tracking tersebut dilakukan pada sekitar 300 an Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Karyawan di Bank Wonosobo. Yang dianggap telah melakukan kontak erat dengan beberapa pasien covid 19. Meski diketahui jika dari ratusan ASN dan Karyawan itu sebagian besar telah melakukan vaksin.

Meski telah melakukan swab pada ratusan ASN di tiga instansi penting yang ada di Kabupaten Wonosobo itu, belum diketahui jumlah ASN yang saat ini dinyatakan positif covid 19. Dirinya hanya menjelaskan jika seluruh unsur Forkopimda, mulai dari Bupati Wonosobo, Wakil bupati, Dandim,  Kapolres, Kajari juga ikut melakukan uji swab.

“Hasilnya dalam waktu dekat sudah bisa dilihat. Apakah ada yang positif atau negatif,” katanya.

Dalam Lima bulan terakhir jumlah kasus pasien yang dinyatakan positif terhitung melandai. Namun pertambahan angka terkonfirmasi positif pada sebulan terakhir menunjukkan grafik peningkatan yang sangat signifikan.

“Semakin banyak yang kita lakukan tracing ini akan semakin baik. Artinya tugas kita berjalan. Justru yang berbahaya itu kalau seolah-olah landai tapi kita tidak melakukan apa-apa,” lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Dapatkan Promo Paket Pemeriksaan Up to 34 Persen hanya di Pramita Lab Magelang

Dirinya memastikan jika di bulan ini Kabupaten Wonosobo telah menghadapi gelombang tiga Covid 19. Apalagi saat ini ada indikasi munculnya varian baru virus Covid 19. Pasalnya ada beberapa orang yang telah melakukan vaksin itu masih dinyatakan positif Covid 19. Bahkan ada satu ASN yang dinyatakan kembali positif setelah beberapa waktu yang lalu dianggap sebagai penyintas dan telah melakukan vaksin selama dua kali.

Dalam satu bulan terakhir peningkatan mencapai lima kali lipat dari jumlah sebelumnya. Di posisi Senin, 14 Juni kemarin setidaknya ada 502 kasus aktif dari total 6.254 kasus Covid 19. Sementara kasus terendah saat tengah ada penurunan kasus itu hanya sejumlah 61 kasus saja. (gus)