Dudung Resmi Jabat KSAD, Langsung Naik Pangkat Bintang Empat

Presiden Joko Widodo melantik KSAD yang baru, yaitu Letjen TNI Dudung Abdurachman. pada Rabu (17/11) dengan protokol kesehatan ketat.
Presiden Joko Widodo melantik KSAD yang baru, yaitu Letjen TNI Dudung Abdurachman. pada Rabu (17/11) dengan protokol kesehatan ketat.

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Selain melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Presiden Joko Widodo juga melantik KSAD yang baru, yaitu Letjen TNI Dudung Abdurachman. Pelantikan digelar di Istana Negara pada Rabu (17/11) dengan protokol kesehatan ketat.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Dudung.

Pada kesempatan itu, Dudung juga dinaikkan pangkatnya menjadi Jenderal. Kenaikan pangkat itu berdasarkan Keputusan Presiden No 108/TNI/Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

“Memutuskan, menetapkan, kesatu, menaikkan pangkat 1 tingkat lebih tinggi kepada Perwira Tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Jenderal TNI. Terhitung mulai tanggal ditetapkan Keputusan Presiden ini,” kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Usai dilantik, Kepala Negara berpesan kepada Dudung. Salah satunya Jokowi meminta TNI AD membantu program-program pemerintah.”Ada pesan dari Bapak Presiden bahwa segala bentuk apa pun dari TNI Angkatan Darat harus membantu pemerintah di dalam melaksanakan programnya,” kata Dudung dalam konferensi pers seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Dia pun memastikan TNI AD siap membantu pemerintah. Terutama demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. “Kami TNI Angkatan Darat siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, pesan lain yang disampaikan Jokowi ke Dudung adalah soal kesejahteraan prajurit TNI AD. Dudung menyebut, Jokowi meminta dirinya meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI AD. “Pesan berikutnya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan prajurit,” tutur mantan Pangdam Jaya ini.

Artikel Menarik Lainnya :  Gila! Korban Dukun Sianida Bertambah Lagi, Polres Magelang Terus Dalami Kasus, Harapan Tidak Ada Korban Lainnya

Tak hanya itu. Dudung juga berpesan kepada seluruh jajaran AD untuk memedomani 8 Wajib TNI. Terutama selalu hadir untuk rakyat Indonesia.

“Yang lebih utama saya akan sampaikan kepada seluruh jajaran Angkatan Darat, pedomani 8 Wajib TNI. Khususnya yang ke-8, menjadi contoh dan mempelopori segala usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. TNI AD harus hadir di mana pun ada yang kesulitan yang diderita oleh masyarakat,” terangnya.

Dia mengaku akan mengimplementasikan visi dan misi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Dia juga menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Andika Perkasa saat menjadi KSAD.

“Tentunya akan implementasikan visi dan misi Panglima Tentara Nasional Indonesia yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test di DPR RI. Kemudian yang kedua saya mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh jenderal TNI Andika Perkasa pada saat beliau menjabat KSAD. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dirintis,” pungkas Dudung.

Seperti diketahui, Dudung Abdurachman resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD. Dudung juga dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang empat. Kenaikan pangkat itu berdasarkan Keputusan Presiden No 108/TNI/Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI. (rh/fin)