Dua Menteri Datangi Glamping DeLoano

KUNJUNGI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mengunjungi Glamping De Loano.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo berharap agar pemerintah pusat mempercepat akselerasi pembangunan Glamping DeLoano, sebab menjadi potensi yang sangat luar biasa. Dengan perkembangan sektor pariwisata, digadang akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Purworejo.

“Kami dari Pemerintah Daerah Purworejo nderek titip sama Pak Menteri agar mempercepat akselerasi pembangunan Glamping DeLoano, karena ini potensi yang luar biasa. Kalau sudah sampai sini itu senang kadang sampai nggak inget pulang pak,” kata Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam sesi bincang-bincang rangkaian kunjungan kerja Kemenkomarves dan Kemenparekraf di Glamping De Loano, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, baru-baru ini.

Baca juga
Mas Bram Soroti Terkikisnya Semangat Nasionalisme

Dalam kesempatan itu Yuli Hastuti berucap terimakasih atas kunjungan dan perhatian Kemenko Maritim dan Investasi serta Menteri Parekraf di Glamping DeLoano. “Ini menjadi semangat atau tanda bahwa pemerintah akan mempercepat proses pembangunan sarana dan prasarana yang ada di Glamping DeLoano untuk menunjang kunjungan wisatawan, saya yakin dengan potensi yang ada masyarakat bisa lebih sejahtera,” ucapnya.

Nampak hadir dalam kunjungan tersebut, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Wakil Menteri Pariwisata, Angela Tanoesoedibjo, Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Bupati Kulonprogo Sutedjo, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti serta pejabat terkait lainya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, ia sudah beberapa kali datang ke Purworejo, namun baru kali pertama mengunjungi Glamorous Camping (Glamping) DeLoano. Ia mengaku terkagum dengan suasana dan kesejukan serta keasrian tempat wisata tersebut. Sandiaga Uno juga meninjau seluruh aspek DeLoano mulai aksesibilitas, penerapan CHSE atau K4 yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan. “Semuanya sudah baik, namun kami akan terus melakukan pembenahan untuk menghadirkan kenyamanan berwisata demi membangkitkan kembali sektor wisata,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Universitas Muhammadiyah Purworejo Kembangkan Media Pembelajaran Smart Learning Torso

Menurutnya, potensi Glamping sangat luar biasa , dan perlu segera dipercepat segala keperluan utama maupun penunjangnya. Sebagai salah satu pengembangan ekowisata berkualitas dan berkelanjutan yang dapat membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakatnya. Sandiaga menghimbau agar desa wisata juga ikut berkontribusi untuk menjadi program unggulan yang terhubung dengan Borobudur  Highland. Sehingga bermunculan desa wisata yang semakin makmur. “Ini adalah era baru pariwisata, yakni pariwisata berbasis alam terbuka dan budaya, semoga ini bisa membangkitkan semangat kita. Dan saya sudah dapat komitmen dari Pak Menteri PU untuk akses jalan nya juga bisa diselesaikan segera,” ujarnya.

Seperti diketahui, Glamping DeLoano adalah hasil sinergitas Badan Otorita Borobudur dengan Perum Perhutani yang sudah beroperasi dan resmi dibuka pada tahun 2019 lalu. Terletak di perbatasan  Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo kawasan ini masuk zona otorita Borobudur yang juga menjadi salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia. (luk)