Dua Kebakaran Rumah Dipicu Tungku Api

PEMADAMAN. Petugas Damkar Kabupaten Magelang dalam proses pemadaman kebakaran rumah akibat tungku api menyala yang ditinggal pemilik rumah.
PEMADAMAN. Petugas Damkar Kabupaten Magelang dalam proses pemadaman kebakaran rumah akibat tungku api menyala yang ditinggal pemilik rumah.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Dua hari berturut-turut terjadi kebakaran rumah di dua lokasi yang berbeda. Kedua kebakaran tersebut dipicu oleh tungku. Peristiwa pertama pada Sabtu (8/8/2020) di Dusun Ngandong, Desa Banaran, Kecamatan Grabag.

Dengan kronologi, pemilik rumah Sarbini (50) meninggalkan dapur dalam keadaan tungku yang masih menyala. Kemudian api menjalar hingga rumah sebelah milik Aisyah (70). Dengan waktu kejadian pukul 10.00 WIB.

“Setelah mendapat laporan, regu piket langsung berangkat ke lokasi dengan mengirimkan dua unit mobil pompa. Kemudian melakukan pemadaman dengan aman dan selamat.

Dengan instansi yang terlibat, Damkar Kabupaten Magelang, Polsek Grabag, SAR Grabag dan Graskom, dengan kerugian ditaksir Rp100 juta. Dan tujuh rumah dapat terselamatkan dari pemadaman tersebut,” ucap Humas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah.

Adapun kebakaran rumah, selanjutnya pada Minggu (9/8/2020), di Dusun Kawiran RT 01 RW 15, Desa Rambeanak, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Kronologi, ketika pemilik rumah, Sukini, sedang memasak menggunakan tungku, kemudian ditinggal oleh pemilik rumah, yang mengakibatkan timbulnya kebakaran, pada pukul 07.15 WIB.

Setelah mendapat laporan regu piket meluncur ke lokasi dengan mengirimkan dua unit mobil pompa, satu unit tangki suplay, unit rescue beserta ambulance kemudian melakukan pemadaman dan melakukan pendinginan dengan aman.

Instansi yang terlibat Damkar Kabupaten Magelang Polsek Mungkid dan warga. Dengan kerugian kurang lebih Rp30 juta.

“Pemilik rumah merupaka lansia, yang tinggal sendirian, di sekitar tunggu banyak tumpukan kayu kering yang mengakibatkan api mudah menjalar,” ungkap Yoga.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Ciptakan Aplikasi Cybercounceling, Dosen Unimma ini Raih Juara Harapan I Krenova Kabupaten Magelang