Dua Hari, Temanggung Tambah 96 Positif Covid-19

RAPID TEST. Tim gugus tugas Temanggung sedang melakukan rapid test kepada warga di Kecamatan parakan 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Dari hasil swab tes yang dilakukan terhadap 568 orang yang sebelumnya dinyatakan reaktif tes cepat (rapid test), hasilnya 96 orang dinyatakan positif Covid-19. Total penambahan positif Covid-19 ini terjadi selama dua hari terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Suparjo mengatakan, pasca perayaan Idul Fitri 1441 H, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID Kabupaten Temanggung melakukan tes cepat (rapid test) terhadap 5.054 orang. Kemudian yang reaktif ada 703 orang. Dari sejumlah tersebut yang sudah diswab sebanyak 568 orang.

“Sejak hari Senin malam awal pekan ini sudah ada hasil swab yang dikirim ke laboratorium, hasil yang positif sebanyak 25 orang,” terangnya.

Kemudian lanjut Suparjo, secara bertahap hasil swab tes diterima pada Selasa (9/6) malam. Pada saat itu hasil tes swab bertambah sebanyak 71 kasus. Sehingga jumlah total penambahan kasus positif Covid-19 di Temanggung selama dua hari kemarin sebanyak 96 kasus.

“Namun, dari 568 orang yang telah dilakukan tes swab itu masih ada 100 yang belum keluar hasilnya. Kami masih menunggu, semoga saja banyak yang negatif,” harapnya.

Disebutkan sejumlah kasus baru positif COVID-19 tersebut antara lain tersebar di Kecamatan Temabarak 21 orang, Gemawang 17 orang, Ngadirejo 13 orang, Kandangan 12 orang, dan Kecamatan Jumo 5 orang.

Baca juga
Sambut New Normal, Jalan Protokol Kota Magelang Kembali Dibuka

Tingginya kasus Covid-19 selama dua hari terakhir ini semata-semata tim gugus tugas terus meningkatkan tracking, tes cepat, dan swab.

“Jadi kita secara agresif melakukan hal itu sebesar-sebesarnya tujuan kita supaya puncak kasus COVID-19 di Temanggung pada bulan Juni 2020, nanti harapannya kalau kita sudah mencapai puncak kemudian diikuti dengan penurunan. Harapan kita di bulan Juli 2020 sudah menurun kasusnya dan pada saatnya kita bisa memasuki normal baru,” katanya.

Meskipun kasus Covid-19 saat ini tinggi, namun diperkirakan belum mencapai puncak kasus, sebab masih ada swab tes yang hasilnya juga belum diketahui. Selain itu tim gugus tugas juga akan kembali melakukan tracking terhadap kontak dekat positif.

“Kontak dekat sudah mulai ditracking, 137 orang yang reaktif ada 37 orang. Kemungkinan masih bertambah angka positifnya,” sebutnya.

Menurutnya, langkah penanganan selanjutnya yakni pemeriksaan terhadap positif Covid-19. Dari hasil pemeriksaan tersebut kemudian akan dipilah. Bagi positif Covid-19 yang kondisinya sedang sampai berat maka akan langsung dirawat di RSUD dan bagi yang tidak ada gejala maka akan dikarantina diluar rumah sakit.

“Akan dibagi menjadi dua kelompok, sesuai dengan kondisinya,” katanya.

Ia mengakui, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan, dari klaster mana penambahan Covid selama dua hari terakhir ini. Sebab pihaknya masih mencermati dan mengamati alamat tempat tinggal mereka.

“Belum bisa kami amati, kami akan mencermati dan mengamati alamat tempat tinggal mereka terlebih dahulu,” terangnya.

Total kasus positif COVID-19 di Temanggung sebanyak 161 orang, 31 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal serta positif saat ini sebanyak 129 orang.(set)