DPRKPLH Temanggung Berikan Bingkisan Lebaran pada Tenaga Kebersihan

DPRKPLH Temanggung Berikan Bingkisan Lebaran pada Tenaga Kebersihan
Kepala DPRKPLH Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana tengah menyerahkan bingkisan terhadap para petugas kebersihan. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Lantaran dinilai layak menyandang gelar sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, ratusan petugas kebersihan, pertamanan, Rusunawa dan tempat pembuangan akhir (TPA) yang bernaung di bawah Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung, memperoleh bingkisan berupa paket sembako, Kamis (28/4).

Ini diharap mampu membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan saat perayaan Lebaran.

Kepala DPRKPLH Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana, mengatakan, secara keseluruhan terdapat sekitar 312 petugas kebersihan di bawah naungan DPRKPLH.

Bingkisan yang berasal dari DPRKPLH dan Bank Jateng itu berisi beragam kebutuhan pokok mulai gula, teh, mie, hingga kue untuk lebaran. “Jangan lupa ya, mereka ini pahlawa tanpa tanda jasa. Bayangkan, mereka setiap hari berkutat dengan sampah. Kalau tidak ada mereka, bagaimana kita hisa bayangkan. Apalagi besok sampai takbi dan Lebaran mereka tidak libur,” ungkapnya.

Jika dibanding dengan jasa mereka, tambah Hendra, nilai pemberian yang disalurkan tidaklah seberapa. Namun, yang terpenting adalah esensi nilai agar memberikan manfaat bagi petugas kebersihan yang selama ini telah bahu membahu membantu Temanggung menjadi kawasan yang tetap bersih, kendati sedikit pihak yang memperhatikan kinerja mereka.

Hendra juga menyampaikan bahwa petugas kebersihan tersebut nantinya tidak memiliki jatah libur layaknya masyarakat lain. Mereka akan tetap bekerja di malam takbiran hingga jelang pelaksanaan sholat Ied agar kondisi wilayah tetap terjaga kebersihannya.

“Sudah selayaknya mereka mendapat barang yang tidak seberapa dari kami, namun semoga berarti bagi mereka,” akunya.
Seorang petugas kebersihan di TPS3R Kebonsari, Heni Purwanti, mengaku cukup senang mendapat bingkisan Lebaran kali ini. Ia merasa sangat terbantu ditengah tingginya kebutuhan persiapan Lebaran yang hanya tinggal menunggu hitungan hari saja.

“Bersyukur sekali pekerja seperti kami diperhatikan seperti ini. Apalagi yang menyerahkan langsung Bapak Kepala Dinas,” pungkasnya. (riz)