DPRD Purworejo Mengajar Perdana di SMK YPE Sawunggalih

MENGAJAR. Ketua DPRD Kabupaten Purworejo saat berinteraksi dengan siswa SMK YPE Sawunggalih dalam gelaran DPRD Mengajar, kemarin. (Foto lukman)
MENGAJAR. Ketua DPRD Kabupaten Purworejo saat berinteraksi dengan siswa SMK YPE Sawunggalih dalam gelaran DPRD Mengajar, kemarin. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebuah terobosan untuk memberikan pendidikan politik dan leadership di kalangan generasi millenial dilakukan DPRD Kabupaten Purworejo dengan merealisasikan program DPRD Mengajar. Untuk pertama kalinya, DPRD Mengajar dilaksanakan di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, Kamis (17/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan siswa kelas XI serta pengurus OSIS dan Pramuka.

Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai guru pengajar dari, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP dan Wakil Ketua DPRD H Fran Suharmaji. Dion Agasi menyampaikan pelajaran tentang leadership, Kelik Ardani menyampaikan tugas dan wewenang DPRD dan Fran Suharmaji memberikan motivasi pentingnya berorganisasi.

Kepala SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, Tri Yulianto SKom MPd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Purworejo yang telah memilih sekolah yang dipimpinnya untuk kegiatan perdana DPRD Mengajar. “Ini merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kami. Semoga kehadiran bapak-bapak pimpinan DPRD ini dapat memotivasi anak-anak didik kami agar menjadi mutiara bangsa yang kelak mengharumkan nama keluarga dan almamaternya,” terangnya.

Dikatakannya, SMK YPE Sawunggalih memiliki beberapa jurusan. Diantaranya Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Tata Busana, Teknik dan  Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan.

“Sebelumnya saya sudah diberi tahu agenda DPRD di sekolah kami. Rencananya pekan depan, namun kemudian diajukan hari ini (17/3). Banyak motivasi yang didapat dan siswa peserta, mereka mendapat edukasi yang cukup penting terkait politik,” ucapnya.

Menurutnya, banyak dampak positif dalam kegiatan kali ini, ia menyebut semacam ada bekal karakter bagi siswa yang berkesempatan ikut. “Ini semacam kolaborasi motivasi. Peserta yang datang ada 250 anak, mereka siswa Kelas XII dari berbagai jurusan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi menyampaikan bahwa program DPRD Mengajar ini sebenarnya sudah diagendakan sejak sebelum pandemi lalu. “Alhamdulillah, meski sempat tertunda dua tahun lebih akhirnya hari ini dapat terealisasi hari ini di SMK YPE Sawunggalih,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan dan memperkenalkan lembaga DPRD Kabupaten Purworejo kepada masyarakat luas. Disampaikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh kalangan pelajar, diharapkan metode ini akan efektif serta memberikan motivasi kepada para siswa agar melek politik dan tidak apolitis.

“Frame yang sering muncul di kalangan generasi muda adalah pandangan negatif tentang politik. Padahal sebenarnya mereka memiliki peranan yang penting juga serta dapat berkontribusi dalam membangun wilayahnya,” tandasnya. (luk)