DPRD Kota Magelang Gelar Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Kenegaraan

DPRD Kota Magelang Gelar Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Kenegaraan
Salah satu rangkaian Paripurna Istimewa di DPRD Kota Magelang, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Selasa, 16 Agustus 2022. foto : wiwid arif/magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, DPRD Kota Magelang menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Magelang, Selasa, 16 Agustus 2022.

Rapat paripurna istimewa itu dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno dan dihadiri Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Wakil Walikota M Mansyur, Pejabat Forkopimda, anggota DPRD, Kepala Instansi Vertikal, Rektor Perguruan Tinggi, dan Kepala OPD Pemkot Magelang.

Budi Prayitno menyebutkan rapat paripurna istimewa ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Dengan menjunjung tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ momen perayaan kemerdekaan adalah momentum bersejarah.

“Kita sedang menyongsong masa depan bangsa dengan penuh optimisme setelah mampu bertahan selama pandemi Covid-19. Sekarang saatnya kita untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” katanya.

Dia berharap, momen perayaan kemerdekaan bisa dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kolaborasi guna membangun negara Republik Indonesia dan khususnya Kota Magelang.

“Semoga kita bisa terus berkolaborasi untuk meningkatkan kontribusi membangun negara dan kota yang kita cintai,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengungkapkan arahan Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya, antara lain membahas terkait pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 mulai menurun.

“Presiden memberi arahan bahwa kita harus terus semangat, bersama-sama menjawab tantangan masalah nasional maupun daerah,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga harus kompak bersinergi, mulai dari kepala daerah, DPRD, dan seluruh komponen masyarakat bersama-sama mewujudkan tema HUT RI tahun 2022 yaitu ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’.

“Termasuk juga kekompakan menjalankan 9 program unggulan Pemkot Magelang, ada Rodanya Mas Bagia, Magelang Keren, Programis, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Melalui kesuksesan 9 program unggulan itu, dirinya yakin bisa mewujudkan cita-cita tema kemerdekaan tahun ini. Termasuk di antaranya menurunkan angka kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran, sehingga pemulihan ekonomi bisa semakin cepat dijalankan.

“Angka kemiskinan harus berbeda dengan sebelumnya, angka pengangguran juga harus turun. Memaknai kemerdekaan dengan tujuan itu,” tandasnya. (wid)