DPRD Angkat Bicara Pariwisata

Posong
ANDALAN. Posong masih menjadi wisata alam andalan kabupaten Temanggung.

TEMANGGUNG – Kalangan DPRD Temanggung meminta agar pemerintah kabupaten setempat mengkaji kembali rencana pengembangan objek wisata di wilayah Kabupaten Temanggung.

Sehingga ke depan potensi wisata di Kota Tembakau bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Permintaan tersebut disampaikan oleh anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Temanggung Indah Cahyani. Menurut Indah, objek wisata yang ada di lereng Gunung Sindoro, Sumbing dan Perahu yang masuk dalam administrasi Kabupaten Temanggung mempunyai potensi yang sangat luar biasa.

Namun demikian katanya, butuh penanganan serius sehingga apa yang menjadi tujuan dari pengembangan objek wisata di Temanggung bisa benar-benar tercapai. Selama pengembanganan dan pengelolaan objek wisata belum maksimal.

“Harus lebih serius, oleh karena itu harus dikaji lagi,” katanya kemarin.

Dikatakan, pengembangan potensi wisata wajib memperhatikan beberapa unsur yang di antaranya, kesiapan sumber daya manusianya, akses dan infrastruktur penunjang lainnya. Dengan demikian, maka wisatawan yang berkunjung ke Temanggung tidak kecewa.

“Tujuan ke depannya harus benar-benar dirancang dan dikaji dengan baik. Apalagi sumber daya manusianya, harus benar-benar siap dan benar-benar paham dengan dunia pariwisata,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Woro Andijani mengatakan, selama ini Temanggung memang belum menjadi objek tujuan wisata utama bagi para pelancong. Objek wisata yang ada di Temanggung baru dijadikan sebagai persinggahan setelah berkunjung dari sejumlah objek wisata yang ada di kabupaten tetangga.

“Memang kami akui, belum ada objek wisata yang benar-benar membuat wisatawan betah berlama-lama di Temanggung. Selama ini masih menjadi tempat persinggahan. Namun selama ini sudah mengalami peningkatan,” ujarnya.

Oleh karena itu lanjutnya, butuh peran serta semua pemangku kepentingan, sehingga objek wisata yang ada di Temanggung ke depan bisa menjadi tujuan utama bagi wisatawan baik wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Artikel Menarik Lainnya :  Gegara Elpiji Bocor, Rumah Karyawan Pabrik Rokok di Temanggung Terbakar

“Tidak hanya pemerintah saja, semua mempunyai peran yang sama,” katanya.

Untuk menunjang wisata di Temanggung pihaknya juga sudah berbenah dengan menyiapkan desa wisata dengan segala daya tarik dan keunikan yang ada di setiap desa. Selain itu pihaknya juga terus berupaya meningkatkan SDM di sejumlah objek wisata di Temanggung.

“Selain objek wisata yang sudah ada, desa wisata juga kami persiapkan sekaligus menyiapkan pula sumber daya manusianya,” imbuhnya. (set)