Dosen Untidar Kembali Mengabdi di Gunungpring

kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Dosen Universitas Tidar (Untidar)
Kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Dosen Universitas Tidar (Untidar)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Masyarakat Desa Gunungpring, khususnya yang bergerak dalam bidang UMKM, mendapat kesempatan belajar E-Commerce untuk meningkatkan penjualan produk di pasca pandemi. Ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Dosen Universitas Tidar (Untidar) yang pada kali ini dimotori oleh Rheza Ari Wibowo, S.Si., M.Eng. dan Ikhwan Taufik, S.Pd., M.Eng..

Adanya pengabdian dalam bentuk pelatihan penjualan secara E-Commerce ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga terutama di saat pandemi seperti ini, sehingga tidak hanya bergantung pada penjualan hasil UMKM secara langsung saja. Selain itu, para peserta yang hadir dalam pelatihan juga diharapkan mampu membagikan ilmu yang diperoleh kepada warga lain yang ada di sekitar rumah tinggalnya sehingga nantinya ilmu tersebut dapat berkembang lebih luas lagi dan warga Desa Gunungpring menjadi sentra usaha UMKM yang maju serta melek teknologi.

Peserta pelatihan juga diberikan pelatihan terkait pembuatan foto produk yang baik, cara pengambilan foto produk yang dapat meminat para calon pembeli, serta melakukan edit foto guna memberikan hasil foto produk yang lebih bagus lagi.

Setelah itu, peserta dibekali strategi terbaik tentang cara penjualan secara online. Hal ini penting mengingat penjualan secara online tidak hanya sekedar upload gambar produk kemudian menunggu pembeli yang datang.

Ilham Abadi, Kepala Desa setempat berharap, kegiatan pengabdian ini mampu membuka minat dan wawasan masyarakat khususnya dalam bidang UMKM. Ujungnya, kegiatan ini juga dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Acara pelatihan ini sangat mendukung kami, para pelaku UMKM. Kami tidak hanya diajari menjual produk secara online, tetapi kami juga mendapatkan tambahan mengenai tips dan trik berjualan online serta cara membuat dan mengedit foto produk,” ujar Wahyu Arya, salah satu peserta kegiatan (Adv)

Artikel Menarik Lainnya :  HIR Jatmiko, Politisi Partai Hanura ini Ingin Bangkitkan Mental Kewirausahaan