Dosen Untidar Berikan Bantuan Mesin Keripik Singkong untuk UMKM di Gunungpring

Dosen Untidar Berikan Bantuan Mesin Keripik Singkong untuk UMKM di Gunungpring
PELATIHAN. Peserta sedang mengikuti pelatihan menggunakan mesin keripik singkong bantuan dosen Untidar.

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Warga Desa Gunungpring,Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang khususnya yang bergerak dalam bidang UMKM, mendapatkan bantuan berupa mesin keripik singkong untuk meningkatkan penjualan produk. Ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Dosen Universitas Tidar (Untidar) yang pada kali ini dimotori oleh Herru Santosa Budiono, S.T., M.T. dan A. Noor Setyo H. D., S.T., M.Eng.

Sebelumnya UMKM pembuatan keripik singkong di Desa Gunungpring masih memotong singkong secara manual. Hal tersebut memakan waktu yang lama dan tenaga yang cukup banyak. Adanya pengabdian dalam bentuk hibah alat pembuatan kripik singkong ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah produksi. Selain pemberian hibah mesin keripik singkong, dilakukan juga pelatihan cara menggunakan mesin keripik singkong dan penjelasan mengenai mesin keripik singkong yang dibuat sehingga nantinya ilmu tersebut dapat berkembang lebih luas lagi dan warga Desa Gunungpring menjadi sentra usaha UMKM yang maju serta melek teknologi.

Ilham Abadi, Kepala desa setempat berharap, kegiatan pengabdian ini mampu membuka minat dan wawasan masyarakat khususnya dalam bidang UMKM.  Kegiatan ini juga dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Pemberian hibah alat pembuat keripik singkong ini sangat membantu kami, karena sebelumnya kami memotong singkong masih menggunakan alat manual yang memakan waktu yang lama dan tenaga yang banyak. Dengan menggunakan alat ini kami bisa menghemat waktu dan tenaga serta dapat meningkatkan jumlah produksi kam,” ujar Etik Khurina penerima hibah alat tersebut. (adv/rls)

Artikel Menarik Lainnya :  Dosen Untidar Kembali Mengabdi di Gunungpring