Diwajibkan Beli Masker, 300 Orang Terjaring Operasi Gabungan

GABUNGAN. Operasi gabungan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo terdiri dari Kodim, Polres dan Satpol PP, kembali menggelar razia penggunaan masker.
GABUNGAN. Operasi gabungan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo terdiri dari Kodim, Polres dan Satpol PP, kembali menggelar razia penggunaan masker.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Operasi gabungan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo terdiri dari Kodim, Polres dan Satpol PP kembali menggelar razia penggunaan masker. Menyasar Kecamatan Garung yang masuk zona merah dengan jumlah nakes positif tertinggi itu, petugas berhasil menjaring 300 orang tanpa gunakan masker.

“Menyasar kecamatan zona merah, kita tegur tujuh toko yang tidak menyediakan tempat cuci tangan dan menegur 300 orang lebih yang  tidak menggunakan masker,” ucap Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP, Sunarso yang juga penanggung jawab operasi.

Menurutnya, kegiatan tersebut   dalam rangka percepatan penanganan covid-19 agar tidak bertambah lagi. Salah satu yang dilakukan dengan cara sosialisasi ke publik mengigatkan warga agar menaati protokol kesehatan.

“Tak hanya di pusat kota saja, operasi penegakan protokol kesehatan juga digelar di sejumlah wilayah Wonosobo. Tim terdiri dari unsur TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja,” katanya

Lebih lanjut disampaikan tentang perihal digelarnya operasi mendadak, menjadi bagian dari langkah mempercepat terputusnya mata rantai covid-19 di Wonosobo. Sasarannya, adalah para pengguna jalan yang masih beraktifitas di area publik tanpa masker, penumpang angkutan umum, para pembeli di kios maupun toko dan warung-warung, serta tempat-tempat usaha yang sampai saat ini belum mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Warga masyarakat yang diketahui masih tak patuh terhadap imbauan sesuai protokol kesehatan, tim langsung mengambil tindakan dengan memberikan peringatan dan meminta agar secepatnya membeli masker sebelum meneruskan aktifitasnya,” tandasnya.

Baca juga
Positif Covid-19 di Purworejo Tambah 18 Kasus, Seluruhnya Tanpa Gejala dan Jalani Isolasi Mandiri

Untuk warga yang tidak memiliki bekal uang dan tidak bisa membeli masker akan diberikan secara cuma-cuma. Namun demikian harus menjalani sanksi fisik ringan atau sanksi sosial lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Omicron Mengancam, Vaksin Masih Dianggap Penting

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 0707/Wonosobo Kapten Czi Sarwiyono menyampaikan keterlibatan Kodim dalam operasi gabungan ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan tugas TNI membantu Pemda dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Apalagi saat ini di Wonosobo jumlah yang terpapar terus meningkat.  Untuk itu perlu semua pihak terlibat secara bersama-sama melakukan penanganan,” ucapnya.

Upaya yang paling efektif adalah dengan melaksanakan 4 M yaitu menggunakan masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan air sabun dan air mengalir menjaga jarak dengan orang lain serta yang tidak kalah penting adalah menghindari kerumunan.

“Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan karena untuk merubah pola hidup seseorang diperlukan waktu yang tidak sebentar,” katanya.(gus)