Disperdag UMKM  Wonosobo Semprot Semua Pasar

SEMPROT. Dinas Pasar, Perdagangan Koperasi dan UMKM menggelar penyemprotan disinfektan di Pasar Unggas  Kabupaten Wonosobo.
SEMPROT. Dinas Pasar, Perdagangan Koperasi dan UMKM menggelar penyemprotan disinfektan di Pasar Unggas  Kabupaten Wonosobo.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO –  Dinas Pasar, Perdagangan Koperasi dan UMKM menggelar penyemprotan disinfektan seluruh pasar di Kabupaten Wonosobo. Penyemprotan dilakukan pada malam hari setelah kegiatan transaksi usai digelar.

“Tahap pertama ini kita gelar peyemprotan pasar unggas. Selanjutnya selama tujuh hari berturut-turut ke pasar-pasar yang lain, baik itu pasar induk, pasar pagi dan pasar tradisional lainnya di kecamatan,” ungkap Kabid Pasar Disperdagkop UMKM Wonosobo, Suprayitno kemarin.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam penanganan covid 19. Pasar merupakan tempat berkerumuna masyarakat, menggelar transaksi jual beli, sehingga dikategorikan merupakan kawasan rentan penyebaran.

“Pasar ini bertemunya penjual dan pembeli, maka pencegahan di kawasan seperti itu harus diintensifkan, sehingga sosialisasi dan pencegahan kita arahkan ke pasar tradisional itu,” ujarnya.

Selain melakukan peyemprotan disinfektan, pihaknya juga mengaku akan membuat 37 tempat cuci tangan yang bakal di pasang di tempat-tempat strategis di dalam pintu masuk dan pintu keluar pasar. Serta memasang petugas untuk mengingatkan kepada pedagang dan pembeli agar senantiasa cuci tangan usai gelar transaksi.

“Jadi upaya lain kita dengan membuat tempat cuci tangan di pasar-pasar tradisional, sudah kita pesan 37 wastafel, untuk pemasangan nanti kita akan bekerjasama dengan PDAM,” ucapnya.

Baca Juga
Pasien Sembuh Corona di Kabupaten Megelang Bertambah

Tidak hanya itu, pria yang karib dipanggil Prayit itu juga akan membagikan 10 ribu masker yang akan dibagikan kepada pedagang dan pembeli di pasar yang belum menggunakan masker. Sehingga nanti di pasar semua orang menggunakan masker.

“Kita sedang pesan 10 ribu masker, itu kita bagikan saat pasaran, bekerjasama dengan UPT pasar di masing-masing kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Sekdin Disperdagkop UMKM Wonosobo, Joko Widodo mengemukakan,  mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona di pust-pusat keramaian, dinas perdagangan melakukan tiga hal, yaitu penyemprotan, pembagian masker dan pemasangan wastafel cucu tangan.

“Ketiga upaya itu, ikhtiar kita mencegah virus corona, kita harapkan masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan, serta menjalankannya di lingkup pasar,” katanya.

Menurutnya, upaya pencegahan terhadap virus corona bisa berhasil dan sukses, jika semua pihak mendukung dan bersatu serta mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, tinggal di rumah serta berperilaku hidup bersih dan sehat. (gus)