Disdukcapil Kota Magelang Beri Layanan Full Adminduk di MPP

Disdukcapil Kota Magelang Beri Layanan Full Adminduk di MPP
FULL SERVICE. Disdukcapil Kota Magelang memberikan layanan full di Mal Pelayanan Publik (MPP), salah satunya perekaman dan cetak e-KTP. Foto : wiwid arif/magelang ekspres
KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Layanan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) mulai dilayani di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terpusat di Gedung Kyai Sepanjang, Jalan Kartini, Kota Magelang. Pelayanan drive thru ini menjadi tambahan layanan selain Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang di Jalan Veteran.
Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Larsita mengatakan sejak beberapa waktu lalu, layanan perekaman dan cetak e-KTP hanya bisa dilakukan di Kantor Disdukcapil. Sementara stand yang berada di MPP hanya melayani administrasi kependudukan saja.
“Setelah banyak masukan, akhirnya kita tambah alat (perekaman dan cetak e-KTP) di MPP ini. Harapan kami tentu saja, supaya konsep one stop service di MPP bisa terwujud,” katanya, kemarin.
Larsita menjelaskan pelayanan KTP yang terpusat di MPP ini baik untuk cetak baru, rusak, dan hilang, serta perekaman. Seluruh proses permohonannya bisa melalui aplikasi online.
“Masyarakat dapat melakukan pengajuan cetak KTP elektronik. Caranya cukup datang ke MPP atau registrasi online dulu, nanti langsung direkam dan jadi,” ujarnya.
Dengan demikian, khusus layanan kependudukan dan pencatatan sipil seperti KTP el dan KIA serta perekaman sudah dipusatkan di MPP. Namun, bukan berarti Kantor Disdukcapil kini tak lagi melayani permohonan e-KTP.
“Masih terfasilitasi. Hanya ke depan, rencananya dipusatkan semua di MPP. Sedangkan Disdukcapil nanti hanya membuka pelayanan yang belum terfasilitasi seperti penerbitan Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan lainnya maupun pindah datang,” terangnya.
Sementara itu, salah satu pemohon cetak baru e-KTP, Esti mengaku masih sedikit kebingungan dengan layanan administrasi kependudukan di MPP. Sebab, mekanismenya jauh berbeda ketika dirinya mengajukan di Kantor Disdukcapil.
“Tidak dapat penjelasan secara lengkap sehingga bagi saya ini sedikit bikin bingung. Walaupun kalau kecepatan layanannya, lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya. (wid)