Dinas Kesehatan Temanggung Luncurkan Si Asmara

Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung meluncurkan aplikasi Si Asmara (Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar). Aplikasi ini hasil karya dari salah satu karyawan di dinas setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, aplikasi Si Asmara ini dibuat, karena sebelumnya dokumen surat menyurat baik itu surat masuk maupun keluar sering ada kesalahan dan penanganannya menjadi lambat.

Dari pengalaman ini, salah satu ASN yang menangani bagian tersebut berusaha membuat aplikasi yang mudah dan bisa langsung dipantau, sehingga bisa lebih mempercepat prosesnya.

Aplikasi ini juga untuk mengantisipasi kesalahan administrasi dan mendukung kecepatan layanan di masa pandemi.

“Saat pandemi seperti saat ini kan memang ada pembatasan kegiatan, sehingga dengan sistem ini meskipun ada pembatasan surat menyurat tetap bisa dilayani dengan baik, prosesnya juga lebih cepat,” katanya.

Ia menyebutkan, Dinas Kesehatan menerima surat masuk maupun keluar sekitar 10 hingga 50 surat setiap hari. Melalui inovasi Si Asmara ini maka surat keluar maupun surat masuk dapat terakomodir dengan baik. Tidak ada lagi surat bernomor ganda, surat hilang maupun surat yang tidak tahu tindak lanjutnya seperti apa.

Melalui aplikasi ini surat masuk akan di-scan atau difoto, nanti sekretaris dinas maupun kepala dinas tinggal klik melalui aplikasi sehingga tidak usah menunggu pejabat tersebut di ruangannya.

“Jika pejabat tersebut rapat di luar kantor atau di mana pun kalau buka aplikasi ini tetap bisa melakukan disposisi kepala bidang-bidang yang ada, sehingga bisa langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Selain itu, melalui aplikasi Si Asmara ini benar-benar memberikan informasi kepada masyarakat, karena surat yang masuk tindaklanjutnya seperti apa sudah bisa segera kelihatan.

Artikel Menarik Lainnya :  2 Pekan, PTM di Temanggung Berjalan Lancar

“Bagaimana masyarakat sering memberikan surat, bagaimana tindak lanjut surat tersebut, semua bisa terpantau dengan aplikasi tersebut,” ujarnya.

Dwi berharap aplikasi Si Asmara ini bisa dimanfaatkan oleh perangkat daerah yang lain.

Penggagas Si Asmara yang juga Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinkes Kabupaten Temanggung Murtutiningsih mengatakan dalam peluncuran Si Asmara ini juga dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada perwakilan dari 26 puskesmas di Kabupaten Temanggung.

Ia menuturkan pembuatan aplikasi ini terinspirasi, waktu Sekdin minta surat ternyata ada surat yang hilang.

“Hal itu yang mendasari kami untuk membuat rancangan aplikasi tersebut. Apalagi dalam masa pandemi ini membutuhkan layanan yang serba cepat, terutama keperluan data harus bisa segera ditindaklanjuti,” katanya. (set)