Dilarang Mudik, PO Bus Bimbang Libur Atau Tetap Operasional

Dilarang Mudik, PO Bus Bimbang Libur Atau Tetap Operasional
Dilarang Mudik, PO Bus Bimbang Libur Atau Tetap Operasional

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOKERTO – Adanya larangan mudik atau pulang kampung pada Lebaran Idul Fitri 2021, sangat berimbas pada operasional PO bus. Tidak hanya di Ibu Kota, tetapi juga di daerah. Sejumlah PO bus mengaku bimbang, apakah tetap membuka layanan perjalanan, atau libur. Mengingat tidak memungkinkannya masyarakat untuk bepergian keluar kota.

“Ada informasi akan libur beberapa hari, tapi belum tahu pastinya kapan,” ujar Penjaga Loket PO Bus Sinar jaya di Terminal Bulupitu Purwokerto, Tsani.

Larangan mudik dari pemerintah, dipastikan akan membuat masyarakat menunda kepulangan. Imbasnya, angka penumpang PO bus juga akan semakin menurun. Terlebih saat waktunya arus balik.

Tsani mengatakan, saat ini saja penumpang semakin menurun. Apalagi pada tanggal 6 sampai 17 Mei mendatang, yang semakin diperketat persyaratan meggunakan jasa transportasi bus. Penumpang harus menyertakan surat hasil negatif tes rapid, atau tes genose di Terminal Bulupitu Purwokerto.

“Yang melakukan perjalanan juga tidak sembarang, untuk dinas, atau emergency seperti orang sakit atau melahirkan,” katanya.

Saat ini, walaupun penumapng menurun, armada yang diberangkatkan tetap sesuai jadwal. Tsani menuturkan, untuk tujuan Ibu kota dan sekitarnya, saat ini tidak ada syarat membawa hasil negatif tes rapid. Namun khusus ke Lampung, harus membawa hasil negatif tes rapid dan tes GeNose.

“Tergantung kota tujuannya,” tuturnya.

Tsani pun menyampaikan, mengenai harga belum ada kepastian apakah ada kenaiakn atau tidak saat Lebaran Idul Fitri nanti. “kita ngikut saja keputusan dari pihak PO pusat,” pungkasnya. (ely)

Artikel Menarik Lainnya :  Dulang Uang dari Ternak Kelinci Pedaging