Dilantik, Aziz Mulai Wujudkan Janji

PERS. Walikota Magelang dr Aziz dan Wakil Walikota KH M Mansyur didampingi Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono memberikan keterangan pers, usai pelantikan di Pendopo Pengabdian.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz membuat program santunan kematian sebesar Rp1 juta kepada ahli waris. Program ini resmi berjalan setelah dia dilantik sebagai kepala daerah, Jumat (26/2).

“Kalau nanti sore ada yang meninggal, program itu langsung kita jalankan. Santunan kematian ini diharapkan dapat mengurangi beban ahli waris yang ditinggal anggota keluarganya,” kata dr Aziz, seusai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Magelang, di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Walikota.

Santunan kematian, nantinya akan ditangani oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang. Program tersebut hanya berlaku bagi warga Kota Magelang saja.

“Secara teknis nanti OPD terkait yang menjalankannya,” ujarnya.

Selain itu, mulai saat ini juga, program Jemput Sakit Pulang Sehat juga resmi berlaku. Sistemnya, Pemkot Magelang akan mengakomodasi biaya antar jemput kepada warga yang sakit.

“Sifatnya gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun. Ini menjadi bagian dari visi dan misi kami, yaitu Mewujudkan Kota Magelang yang Maju, Sehat, dan Bahagia,” terangnya.

Wakil Walikota Magelang, KH M Mansyur menambahkan, guna mewujudkan visi misinya yang saat ini telah menjadi Visi dan Misi Pemkot Magelang, diperlukan pondasi kesehatan jasmani dan rohani.

“Kaitannya dengan rohani, kita sudah mencanangkan Kampung Religi. Dengan beberapa indikator bahwa di Kampung Religi berarti tempat ibadahnya makmur, iman, dan ketaqwaan masyarakat makin meningkat, dan akhlak yang baik. Jika sudah demikian, maka secara otomatis kampung tersebut menjadi bebas narkoba, bebas tindakan kriminalitas, bebas pengaruh miras, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Mansyur menuturkan bahwa kunci hidup bahagia, seperti yang tersemat dalam visi dan misinya, adalah pondasi akhlak dan kesehatan. Jika sudah begitu, maka akan sangat mudah, pemerintah daerah membuat program-program tentang peningkatan kesejahteraan.

Artikel Menarik Lainnya :  Walikota Magelang Serahkan BST Rp 2 Juta pada 67 KPM

“Jadi berimbang, antara akhlak yang baik, dan kesehatan jasmani yang baik. Dengan demikian, maka pemerintah mudah membuat program-program yang muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,” jelasnya. (wid)