Di Kompleks Candi Borobudur akan Dibangun Area Concourse dan Plaza

CONCOURSE. Pemecah keramaian beban Candi Borobudur, Area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur, pembangunan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.
CONCOURSE. Pemecah keramaian beban Candi Borobudur, Area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur, pembangunan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.

MAGELANGEKSPRES.COM,BOROBUDUR – Guna mengurangi beban batuan Candi Borobudur, pemerintah akan membangun area concourse dan plaza di kompleks Candi Borobudur. Secara teknis jalur concourse dan plaza tersebut bertujuan agar beban candi dapat terbagi.

“Dibangunnya jalur concourse dan plaza bertujuan untuk memecah keramaian, agar wisatawan tidak semuanya naik ke atas Candi Borobudur. Karena semakin lama batu candi akan berubah posisi akibat beban pengunjung, dan dikawatirkan akan rusak. Dengan adanya jalur concourse dan plaza, pengunjung cukup berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur langsung di jalur tersebut,” kata Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jateng Dierjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Rabu (12/8/2020).

Singgih menerangkan, pembangunan jalur concourse dan plaza tersebut, terkait dengan program pemerintah, yaitu menjadikan kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas.

“Hal itu tentunya akan dapat mengundang wisatawan lebih banyak ke kawasan Borobudur. Termasuk ke Candi Borobudur. Maka perlu langkah antisipasi agar kondisi Candi Borobudur tetap baik-baik saja,” ungkap Singgih.

Singgih menambahkan, untuk pelaksanaan pembangunan Area concourse dan plaza di kompleks Candi Borobudur, akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.

“Dijadwalkan awal Oktober satu paket kontrak dengan pembangunan tiga Gerbang dan Aksis Budaya Mendut Pawon Borobudur. Pelaksanaan pembangunanya juga bareng atau pararel,” papar Singgih.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Antisipasi Varian Covid-19 Omricon, Aturan Turis Masuk Tanah Air Diperketat