Dengarkan Curhatan Pedagang Pasar di Brebes, Ganjar Malah Dipijit Pedagang Telur Asin

Dengarkan Curhatan Pedagang Pasar di Brebes, Ganjar Malah Dipijit Pedagang Telur Asin
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat dipijit pedagang telur asin di Pasar Tanjung, Brebes, Rabu (13/4). Foto istimewa

BREBES, MAGELANGEKSPRES.COM – Teriknya matahari tak menghalangi ratusan warga untuk berkumpul di Pasar Tanjung, Brebes, Rabu (13/4). Warga begitu antusias menantikan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sekitar pukul 11.00, Gubernur Ganjar Pranowo tiba di lokasi dan langsung disambut sorakan ibu-ibu yang telah berjejer di depan pasar. Momen yang jarang terjadi itu, dimanfaatkan para emak untuk bisa selfie ria atau sekadar bersalaman.

“Siapa yang sudah divaksin? Vaksin dua kali sudah ya, bagus. Sekarang maskernya dipakai,” kata Ganjar menyapa para warga.

Beberapa kali Ganjar tampak kewalahan meladeni warga yang terus mendesak untuk bisa berdekatan dengannya. Bahkan ketika Ganjar masuk ke area pasar, para ibu terus mengikutinya.

Suasana jadi ger-geran ketika Ganjar memilih duduk di salah satu lapak pedagang telur asin. Ibu pedagang itu pun kebingungan melihat sikap Ganjar yang tiba-tiba mengambil kursi plastik dan duduk dj belakangnya.

“Dodolan apa bu? (Jualan apa bu). Oh dapat bantuan dari pak Presiden ya. Saya boleh lihat ya bu,” tutur Ganjar mencairkan kekakuan dari pedagang telur asin itu.

“Telur asin, nggeh monggoh pak,” ucap ibu tersebut mengijinkan Ganjar melihat isi sembako dari presiden.

Beberapakali, ibu pedagang telur asin tampak berbisik dengan Ganjar. Emak-emak yang ada di pasar, mendadak heboh kala melihat pedagang telur asin memijat bahu Ganjar.

“Huaa penake pak, telure dilarisi to pak sudah dipijiti,” ucap para emak merayu Ganjar.

Ketika duduk menanti kedatangan Presiden Jokowi, Ganjar mendengar banyak keluh kesah dari emak-emak. Curhatan soal bantuan hingga harga minyak yang masih mahal, didengarkan Ganjar dengan terus tersenyum.

“Bu minyake wis ana sing murah (minyaknya sudah murah), Rp 15.500 itu di kios depan tadi saya tanya. Sampeyan mrana ndisit (Anda ke sana dulu),” seloroh Ganjar menimpali keluhan emak-emak.

Ganjar melihat antusias warga di Brebes begitu ramai. Ganjar mengatakan, dirinya hadir di Brebes dalam rangka menemani kunjungan kerja Presiden Jokowi.

“Mereka menyambut ramai sekali, dan rasa-rasanya pak Presiden juga akan memastikan ya bagaimana kondisi barang-barang kebutuhan pokok yang ada hari ini,” ujarnya.

Ganjar berharap, masyarakat di Brebes khususnya di Pasar Tanjung dan Pasar Bulakamba bisa berdialog langsung dengan Presiden Jokowi mengenai persoalan-persoalan.

“Mudah-mudahan nanti masyarakat bisa berdialog dengan pak presiden, karena antusiasmenya kayak gini wuh ramai banget,” katanya.

Ganjar sendiri sebelum di Pasar Tanjung juga sempat mengecek pasokan BBM di SPBU Pertamina Jalan Raya Pantura, Brebes. Dari hasil pantauannya, sejumlah pengendara dan sopir angkutan transportasi mengaku di Brebes pasokan BBM masih aman.

“Saya sempat ngecek beberapa kondisi di pom bensin, alhamdulillah pasokan bbm sampai hari ini bagus meskipun banyak orang pindah dari pertamax ke pertalite. Tapi kondisinya cukup, tadi solar juga kita cek juga cukup,” ucap Ganjar.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dijadwalkan berkeliling ke pasar di Brebes untuk melihat padat karya. Selain itu, Presiden Jokowi juga melihat kegiatan padat karya, bertemu para nelayan, dan meresmikan Jembatan Kaligangsa, Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Kab. Brebes. (hms/riz)