Demokrat dan PDIP Serahkan Daftar Kepengurusan

Demokrat dan PDIP Serahkan Daftar Kepengurusan
Demokrat dan PDIP Serahkan Daftar Kepengurusan

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA – Dua partai politik menyerahkan daftar kepengurusannya. Ini sebagai salah satu syarat untuk ikut tahapan pencalonan Pilkada serentak 2020. Dua parpol tersebut adalah Partai Demokrat dan PDIP.

“Sesuai dengan tahapan program dan jadwal Pilkada 2020, kami sudah mengirimkan surat kepada seluruh partai politik. Sekurang-kurangnya satu bulan sebelum masa pendaftaran calon sudah menyerahkan datar kepengurusan,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman, di Jakarta, Selasa (4/8).

Menurutnya, data daftar kepengurusan tersebut, akan digunakan oleh KPU daerah untuk mengecek legalitas dukungan partai politik terhadap calon yang diusung. “Data ini penting karena akan digunakan KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk mengecek yang harus bertanda tangan itu namanya harus sesuai dengan SK yang dikeluarkan oleh pimpinan partai politik,” imbuhnya.

Selain telah menyampaikan dokumen fisik daftar kepengurusan, Partai Demokrat dan PDIP juga sudah mengunggah daftar tersebut dalam sistem informasi partai politik.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menyerahkan daftar kepengurusan tersebut sebagai komitmen mendukung penyelenggaraan Pilkada 2020. “Justru di tengah pandemi kita harus memberikan suatu kepastian agar seluruh tahapan Pilkada 2020 berjalan dengan baik,” ujar Hasto.

Bagi PDIP, KPU perlu didukung untuk mengupayakan peningkatan kemampuan kelembagaan partai politik melalui sistem informasi partai politik yang dibangun.

“Penyerahan data ini adalah wujud kesiapan PDIP dalam mengikuti Pilkada serentak 2020. Sekaligus dukungan agar KPU dan Bawaslu benar-benar bertindak sebagai wasit yang baik sesuai harapan rakyat,” ucapnya.

Soal data yang diserahkan, Hasto memastikan data partainya bersifat definitif. Yakni berisi nama-nama pimpinan partai di tingkat propinsi dan kabupaten/kota. Nantinya para pimpinan parpol yang memiliki kewenangan menyampaikan pasangan calon kepala daerah di masing-masing wilayah.

Artikel Menarik Lainnya :  Pastikan Warga Terdampak Banjir Bandang Terakses Bantuan, Mensos Siapkan Lumbung Sosial di Kabupaten Garut

Dia berharap seluruh masyarakat Indonesia mampu memberikan dukungan untuk suksesnya pilkada serentak 2020. Selain itu, Hasto menyampaikan dalam waktu dekat partainya akan kembali mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah.

Namun, Hasto tak bersedia menyebutkan detil nama atau daerah mana saja yang akan diumumkan. Sebelumnya, PDIP memastikan mengusung Gibran Rakabuming di Pilkada Solo. Namun, untuk pilwalkot Medan, PDIP belum memastikan nama Bobby Nasution. Begitu juga untuk Pilwalkot Surabaya.

Soal waktu pengumuman, Hasto menyebutkan kemungkinan akan dilaksanakan berdekatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang. “Politik itu memerlukan kalkulasi. Sehingga semua diperhitungkan dengan matang. Karena itu, calon kepala daerah tak asal diumumkan,” tuturnya.

Dia memastikan PDIP akan melakukan pendaftaran pada hari pertama secara serentak pada 4 September 2020. Dia menyatakan kepercayaan diri partainya atas kemampuan para alon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020. “Kami punya akar kuat di grassroot, dan kami mempersiapkan calon kepala daerah kami dengan sebaiknya. Kami punya strategi gotong royong, strategi komunikasi baik, dan sekolah calon kepala daerah,” pungkas Hasto.(rh/fin)