Demi Kebutuhan Hidup, Seorang Kakek di Temanggung Nekat Mencuri Motor

Demi Kebutuhan Hidup, Seorang Kakek di Temanggung Nekat Mencuri Motor
Tersangka pencurian sepeda motor memperagakan aksi pencuriannya dengan mengunakan kunci T. foto:setyo wuwuh/temanggung/ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Usia senja bukannya dimanfaatkan untuk bertobat, seorang kakek di Kabupaten Kendal ini justru masih saja berbuat hal yang tidak terpuji.

Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, kakek 65 tahun asal Desa Sambongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal ini nekat mencuri motor di halaman MTs Ma’arif Bejen Dusun Demangan Kecamatan Bejen Temanggung.

Aksi pencurian sepeda motor oleh kakek ini berhasil direkam menggunakan kamera handphone oleh seorang warga, yang kemudian mengunggahnya di media sosial. Akhirnya aksi tidak pantas sang kakek yang diketahui bernama Suyadi ini pun viral.

“Memang cukup viral. Dan dari unggahan di media sosial dan laporan dari masyarakat, kemudian petugas kami melakukan pencarian terhadap pelaku pencurian,” kata Waka Polres Temanggung Kompol A Ghifar Jumat 9 September 2022.

Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk meringkus tersangka ini, sekaligus berhasil mengamankannya dari rumahnya tanpa perlawanan.

“Laporan masuk langsung ditindak lanjuti, hari itu juga tersangka langsung bisa diamankan,” terang Wakapolres.

Kasatreskrim Polres Temanggung AKP Bambang Subekti menambahkan, terungkapnya kasus pencurian ini berkat laporan masyarakat yang disertai dengan barang bukti berupa rekaman video aksi pencurian oleh tersangka.

Tersangka ini memang sudah lanjut usia, namun karena sudah melanggar hukum, maka proses hukum tetap berjalan,” katanya.

Dari tangan tersangka lanjut Bambang diamankan sejumlah barang bukti di antaranya, kunci leter T dan sepeda motor Beat warna merah nomor polisi AB 3722 PN.

Terhadap tersangka disangkakan pasal 363 KUHPidana ayat (1e) dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Tersangka Suyadi mengaku, terpaksa mencuri sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selama ini dirinya sudah tidak bisa bekerja lagi.

Ia juga mengaku, membuat kunci leter T sendiri guna melakukan aksi pencurian sepeda motor di halaman MTS Ma’arif Bejen Dusun Demangan Kecamatan Bejen Temanggung.

“Belajar dari TV, saya coba buat sendiri,” tutur kakek tiga cucu ini.(set)