Datangi Kampung Pandekluwih di Purworejo, Batalyon Infantri Normalisasi Irigasi

Datangi Kampung Pandekluwih, TNI Normalisasi Irigasi.
KOMPAK. Personel Batalyon Infanteri Mekanis 412 Bharata Eka Shakti bersama warga kompak menormaslisasi saluran irigasi dari sungai kedung putrid di Kampung Pandekluwih Kelurahan Purworejo,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Seratusan personel Batalyon Infanteri Mekanis 412 Bharata Eka Shakti yang dipimpin oleh Danyonif Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mendatangi Kampung Pandekluwih Kelurahan/Kecamatan Purworejo. Di lingkungan padat penduduk itu, mereka bersama warga turun langsung menormalisasi saluran irigasi dari sungai Kedung Putri yang kerap mengalami banjir saat musim penghujan.

Danyonif Letkol Inf Eko Bintara mengungkapkan, irigasi dari sungai Kedung Putri tersebut sering mengalami banjir yang mengakibatkan masuknya air sungai ke rumah penduduk saat musim penghujan. Kedatangan 412 ke lokasi itu menjadi bentuk kepedulian kepada masyarakat, khsusnya warga Pandekluwih yang sebelumnya menyampaikan permintan bantuan.

Baca Juga
260 Personel Diterjunkan Amankan Pilkades Bandongan

“Fungsi lain dari TNI selain pertahanan dan perang, TNI dituntut harus bisa membina teritorial, salah satu ruang binaan tersebut seperti membantu masyarakat,” ungkapnya.

Kerja bakti normalisasi saluran irigasi berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 21 hingga 23 November. Sinergitas TNI dan warga   diakhiri dengan kegiatan mancing bersama di sungai setempat.

Ihwon Adha, salah satu tokoh pemuda kampung Pandekluwih, menyampaikan terima kasih kepada Batalyon Infanteri Mekanis 412 atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, sungai dan saluran irigasi yang telah dinormalisasikan lebih kurang sepanjang 1 kilometer dan mengalir di tengah kampung

Baca Juga
Tabebuya Mekar di Magelang Cantik Bagai Musim Semi di Jepang

“Kerja bakti setiap hari dilakukan dua sesi, pagi dan sore. Sebelumnya hanya berkedalaman 50 Cm dan setelah dinormalisasi menjadi lebih dalam dan bersih, sebutnya.

Dirinya berharap, sinergitas antara warga dan TNI dapat terus terjalin.

“Kepada Danyonif Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan yang akan bertugas di tempat yang baru, agar terus menjadi berkat bagi sekitar, panjang umur niat baik,” kata Ihwon Adha. (top)