Dari 200 Ribu Pelaku UMKM di Magelang, Baru 20 Persen yang Manfaatkan Digital Marketing

PELATIHAN. Kegiatan Pelatihan UMKM mengenalkan Digital Marketing untuk memperluas pemasaran melalui media digital internet.
PELATIHAN. Kegiatan Pelatihan UMKM mengenalkan Digital Marketing untuk memperluas pemasaran melalui media digital internet.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kabid Perdagangan Disdagkop UMKM Kabupaten Magelang, Pantjaraningtyas Putranto mengatakan, terkait dengan perkembangan teknologi informasi digital, pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan hal tersebut untuk perkembangan UMKM itu sendiri.

“Dari data sekitar 200 ribuan pelaku UKM di Kabupaten Magelang, baru sekitar 20% perkiraan yang sudah memakai digital matketing. Dimana kebanyakan pelaku UKM milenial,” ucap Tyas, Rabu (28/9/2022).

Oleh karena itu pihaknya, terus berupaya mendorong pelaku UMKM untuk terus berkembang termasuk melakukan pemasaran dengan menggunakan digital marketing.

“Salah satu upaya tersebut kami wujudkan dalam pelatihan UMKM di Kecamatan Tempuran pada Selasa (27/9/2022). Dengan peserta 30 orang UKM se Kecatan tempuran sebagian besar dari komponen PKK milenial,” terang Tyas.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadinas Diadagkop UKM Kabupaten Magelang, dihadiri oleh Camat Tempuran dan Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Gunawan.

Kegiatan pelatihan tersebut menyampaikan materi pokok mengenalkan digital marketing sekaligus praktek menggunakan perangkat Hp masing-masing peserta melalui Aplikasi Google Bisnis.

“Macam-macam produknya, mulai dari produk makanan olahan, hasil pertanian, kerajinan dan fashion (batik dan ecoprint).

Hal tersebut bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan pemasaran digital marketing,” tandas Tyas.

Adapun tahap selanjutnya, menurut Tyas akan dilanjutkan ke Pameran produk UMKM, yang juga merupakan upaya memperkenalkan produk UMKM ke masyarakat secara langsung.

“Paling dekat pada tahun 2023 nanti akan dilaksanakan pameran UMKM, agar masyarakat bisa mengenal secara langsung produk UMKM dari Kabupaten Magelang,” pungkas Tyas.(cha)