Dalam Waktu 2 Jam, Damkar Magelang Berhasil Padamkan Kebakaran di Pabrik Briket

KEBAKARAN. Proses pemadaman api di pabrik briket arang tempurung kelapa di Jalan Mayor Unus, Dusun Soroyudan, Desa Jogonegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.
KEBAKARAN. Proses pemadaman api di pabrik briket arang tempurung kelapa di Jalan Mayor Unus, Dusun Soroyudan, Desa Jogonegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemadam Kebarakan (Damkar) Kabupaten Magelang berhasil mejinakan api yang membakar sebuah pabrik briket arang tempurung kelapa di Jalan Mayor Unus, Dusun Soroyudan, Desa Jogonegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (7/9/2022).

Diketahui api mulai membakar bangunan pabrik berasal dari ruangan oven, sekitar pukul 00.26 WIB dini hari.

Kronologi kejadian adalah, sekitar pukul 00:26 WIB, saksi yang merupakan security, Herman mencium adanya kayu yang terbakar. Setelah dicek ada asap keluar dari dalam ruangan oven 4 dan api mulai nampak.

Melihat hal tersebut, Herman langsung mengambil APAR dan mencoba memadamkan kebakaran. Namun api tidak mau padam dan semakin membesar. Melihat kejadian itu saksi Herman langsung melapor ke kantor Damkar Kabupaten Magelang.

“Saksi mencium adanya kayu yang terbakar, setelah dicek sudah ada asap di dalam ruangan oven keempat. Kemudian muncul api, lalu saksi memadamkan api dengan APAR. Setelah itu api justru tidak padam dan semakin membesar. Saksi pun melapor ke kantor pemadam kebakaran,” ucap Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang Wisnu Harjanto.

Usai menerima laporan, Damkar Kabupaten Magelang tiba dilokasi pada pukul 00.38 WIB dan langsung berusaha memadamkan kebakaran dengan dibantu oleh karyawan pabrik.

Dengan mengerahkan lima unit mobil pompa, dua tangki suplai, unit rescue, dan unit ambulans. Memadamkan api yang sudah mulai membesar membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Proses pemadaman api kebakaran dapat dipangkas dan di isolasi agar tidak merembet ke 3 oven, bagian cetak (produksi), termasuk Caffe and Resto dan 10 Rumah yang berada didekat lokasi.

Dalam kejadian kebakaran tersebut, kerugian material diperkirakan sekitar 150 Juta Rupiah, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.(cha)