Covid-19 Masih Mengintai, Masyarakat Sudah Tak Sabar Jaga Prokes

Sejumlah petugas Polres Temanggung saat menggelar razia Operasi Zebra Candi 2021. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
RAZIA. Sejumlah petugas Polres Temanggung saat menggelar razia Operasi Zebra Candi 2021. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sejak digelar razia Operasi Zebra Candi 2021 pada Senin (15/11) awal pekan lalu, masih banyak ditemukan masyarakat yang abai akan protokol kesehatan (prokes).

“Kami berusaha menegakkan prokes pada Operasi Zebra Candi 2021 kali ini, harapan kami masyarakat tidak mengabaikan prokes, karena salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menegakan prokes, salah satunya wajib memakai masker,” kata Kasat Lantas AKP Komang Karisma, SIK, Minggu (21/11).

Menurutnya, pada Operasi Zebra Candi tahun ini, kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas sudah cukup bagus, hanya saja akhir-akhir ini masyarakat semakin abai terhadap prokes.

“Oleh karena itu kami berusaha menegakkan prokes, tidak hanya penegakan disiplin berlalu lintas saja,” jelasnya.

Bahkan katanya, operasi tahun ini digelar cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini lebih mengedepankan kegiatan yang preventif dan preemtif.

“Operasi kali ini menitikberatkan dalam kegiatan preventif dan preemtif agar masyarakat lebih taat dalam berlalu lintas serta tidak meninggalkan protokol kesehatan,” terangnya

Komang mengatakan, pihaknya menggunakan cara yang unik dalam menyosialisasikan taat berlalu lintas dan mematuhi prokes yaitu dengan menghadirkan polisi berpakaian Captain Amerika dan badut Si Polin.

“Saat ini kami melaksanakan kegiatan razia dan sosialisasi kepada masyarakat, apabila didapati tertib maka kami berikan bunga, boneka dan jamu untuk meningkatkan imun, tetapi apabila ada masyarakat yang  didapati tidak menggunakan masker kami berikan teguran dan masker untuk mengingatkan agar selalu mematuhi prokese,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Temanggung untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas juga selalu menaati prokes karena pandemi belum berakhir.

“Keduanya sangat penting, disiplin berlalu lintas penting, menjalankan disiplin prokes juga wajib terus dilakukan,” pesannya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  Nasib Tragis Dua Kakak Beradik Pembobol Konter HP