Cegah Penyebaran Covid-19, Relawan Sibat Edukasi Program Kesehatan pada Masyarakat

Cegah Penyebaran Covid-19, Relawan Sibat Edukasi Program Kesehatan pada Masyarakat

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG-PMI Kota Magelang menyalurkan paket Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan Edukasi Program Kesehatan pencegahan Covid- 19. Bantuan dan edukasi tersebut diberikan kepada warga Kelurahan Rejowinangun Utara,Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Program kerja Palang Merah Indonesia( PMI) Pusat dan dengan dukungan dari IFRC (International Federation Red Cross dan Red Cressent tentang penguatan respon Covid 19 di masyarakat untuk Sibat aktif. “Kegiatan ini merupakan rangkaian program yang saat ini sedang dilakukan jajaran relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) serta melibatkan pihak kelurahan dan tokoh masyarakat, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah Kelurahan Rejowinangun Utara,”jelas Bambang Margono, Koordinator Sibat PMI Kota Magelang.

Dalam kesempatan itu, para relawan Sibat menggelar ragam kegiatan meliputi edukasi PHBS , kepada warga dan anak anak. Bantuan yang diberikan berupan distribusi PHBS, perlengkapan sarana pendidikan dan paket sembako. “Untuk sarana pendididikan di berikan kepada anak anak usia 6 sampai 12 Tahun, sedangkan sembako sasarannya bagi warga yang ekonomi menengah ke bawah yang sedang menjalani isolasi mandiri,” ujar Bambang.

Kegiatan ini berlangsung dari 8-28 Februari. Bambang berharap pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga setempat sehingga mendorong adanya perubahan dalam praktek perilaku hidup bersih dan sehat, sebagai upaya pencegahan Covid 19. “Tidak kalah pentingnya sebagai motivasi bagi anak-anak agar senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Maksud dan tujuanya melalui penguatan kapasitas kepada masyarakat dalam hal penguatan lintas jejaring lintas sektor komunikasi publik Promosi edukasi pencegahan dan pengendalian termasuk kegiatan Desinfektan mandiri sampai tingkat kelurahan sehingga dapat meminimalkan dampak kejadian wabah di wilayahnya,”imbuhnya. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Datangi Bank Sampah, Tim Juri Langsung Memberikan Penilaian