Catat! PKK Kota Magelang Canangkan Bebas Kanker Serviks

Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang
NARASUMBER. Ketua TP PKK Kota Magelang, Niken Ichtiaty Nur Aziz menjadi nara sumber Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks di Gedung Wanita Kota Magelang, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang Pokja IV mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks di Gedung Wanita Kota Magelang, Rabu (13/10).

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz menjelaskan, pemeriksaan IVA adalah upaya paling mudah untuk mendeteksi kanker serviks secara dini. Pemeriksaan ini penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh ke-2 perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

”Saya harap Kota Magelang bebas kanker serviks, yang sejauh ini menjadi pembunuh ke-2 setelah kanker payudara,” katanya.

Istri Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz itu pun mengajak kaum wanita untuk sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di fasilitas kesehatan terdekat. Meskipun pemeriksaan untuk sementara masih dibatasi.

”Saat ini masih dibatasi 3 orang pasien per kelurahan. Kita canangkan dulu, lalu akan dievaluasi. Harapannya tahun depan kita bisa adakan pemeriksaan IVA massal,” jelas Niken.

Dirinya juga berpesan agar perempuan-perempuan Kota Magelang tidak perlu takut untuk memeriksakan diri di Puskesmas. Sebab, mereka ditangani oleh bidan dan dokter yang berkompeten.

”Pasien tidak perlu ke rumah sakit, cukup ke Puskesmas ada bidan dan dokter yang ahli. Dibanding tes lain, IVA test lebih praktis, murah dan hasilnya bisa segera diketahui,” imbuh Niken.

Ketua Penyelenggara Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks, Titiek Sudiyono menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan para kader PKK tentang pentingnya deteksi dini kanker serviks pada perempuan di Kota Magelang.

”Pekan IVA test dan sosialisasi ini merupakan kampanye sebagai upaya menurunkan angka kejadian dan angka kematian perempuan akibat kanker serviks dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Magelang,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Sepakbola Api, Permainan Unik Para Santri di Kota Magelang

Usai sosialisasi, sejumlah pengurus dan kader yang hadir juga mengikuti IVA tes oleh dr Rahmalina SpOg. Skrining deteksi dini kanker serviks dengan metode ini akan dilanjutkan pada 14-22 Oktober 2021 di 5 Puskesmas Induk Kota Magelang, dengan sasaran 3 perempuan per kelurahan. (wid)