Capaian Vaksinasi Baru 31,69 Persen, Pemkab Magelang Kejar Target hingga 70 Persen

VAKSINASI. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Forkopimda mendampingi, Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen meninjau kegiatan vaksinasi masal tahap ke II di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Timur Watucongol, Muntilan.
VAKSINASI. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Forkopimda mendampingi, Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen meninjau kegiatan vaksinasi masal tahap ke II di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Timur Watucongol, Muntilan.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM –  Pemerintah Kabupaten Magelang saat ini terus melakukan upaya dan mendorong percepatan vaksinasi covid-19 bagi masyarakat hingga mencapai angka 70 persen. Salah satu diantaranya, dengan memfasilitasi vaksinasi bagi para santri di pondok pesantren.

“Sekarang ini diangka 31,69 persen (angka vaksinasi di Kabupaten Magelang). Kalau ditambah hari ini (kemarin) mungkin sudah mencapai 32 persen,” kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin, disela-sela mendampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat meninjau kegiatan vaksinasi masal tahap ke II di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Timur Watucongol, Muntilan, Sabtu (9/10/2021).

Zaenal menambahkan, untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Magelang, maka akan segera dilakukan penambahan tim vaksinasi dengan harapan bisa menambah cakupan yang lebih besar. Untuk diketahui bahwa jumlah vaksinasi tahap ke II di Ponpes Darussalam Timur Watucongol, Muntilan yang dilaksanakan hari tersebut sejumlah 290.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan terus mendorong vaksinasi hingga mencapai 70 persen.

“Untuk mencapai 70 persen, saya minta kepada masyarakat juga mau melakukan vaksinasi. Kami saat ini inputnya juga sudah mulai lancar, T-Care inputnya juga lancar sehingga vaksin insyallah turunnya juga lancar itu yang kita harapkan. Insyallah 70 persen diakhir tahun harapan kami. Kalau saat ini sekitar di angka 40-an tinggal sedikit lagi, kita akan melangkah terus” terang Taj Yasin.

Sementara, Pengasuh Ponpes Darussalam Timur Watucongol, KH Hafi Firdausy mengaku, agak terlambat dalam mengajukan vaksinasi bagi santri di Ponpes tersebut karena beberapa hal. Salah satunya dengan adanya beberapa varian vaksin dan memiliki efek yang berbeda-beda.

“Awalnya kami mengamati terlebih dahulu fenomena terkait vaksin ini. Lalu kami memilih vaksin yang paling rendah efeknya yaitu Sinovac. Kami juga tidak memaksa para santri untuk vaksin, namun lebih menawarkan secara suka rela siapa yang mau divaksin. Dan Alhamdulillah 70 persen lebih santri kami mau untuk divaksin dan ini sudah yang ke dua kalinya,” ungkap, KH Hafi Firdausy.

Artikel Menarik Lainnya :  Data Riil Vaksinasi Harus Sesuai SMILE, Bupati Magelang: Target Vaksinasi dosis I 50 persen Segera Tercapai

Dalam hal ini, KH Hafi Firdausy juga sepenuhnya mendukung program pemerintah dalam melakukan percepatan vaksinasi bagi para santri dan masyarakat di sekitar Ponpes. Ia juga mengajak para santri lainnya agar tidak takut untuk menerima vaksin untuk mendapatkan dan menciptakan herd immunity.

“Semoga vaksinasi ini bisa menjadi motivasi bagi para santri yang lain, supaya jangan ragu dan jangan takut untuk di vaksin,” tutur KH Hafi.

Di sisi lain, Polres Magelang terus melaksanakan vaksinasi, selain sasaran masyarakat umum vaksinasi juga menyasar kepada santri dan pelajar. Hal itu guna mendukung  pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

Seperti dilaksanakan di Ponpes API ASRI Tegalrejo dengan memvaksin Dosis 1 kepada 153 santri dan Dosis 2 kepada 1.137 santri. Sehingga total tervaksin 1.290 santri. Kemudian di SMK Negeri 1 Salam berhasil menyuntik 266 pelajar dengan Vaksin Dosis 1.

“Selain itu juga digelar vaksinasi di Gerai Polres Magelang dengan menyasar 244 orang, terdiri dari  88 orang Vaksin Dosis 1 dan 156 orang Vaksin Dosis 2,” terang Kasihumas Iptu Abdul Muthohir, mewakili Kapolres Magelang, Sabtu (9/10/2021).

Selain itu, menurut Muthohir, di Puskesmas Sawangan 1 tervaksin 5 orang Vaksin Dosis 2 dan 9 orang Vaksin Dosis 3, total 14 orang. Sementara di Balai Desa Tampir Kulon Kecamatan Candimulyo terlayani 500 orang suntik Vaksin Dosis 1.

“Jumlah keseluruhan hari ini (Rabu, 09/10/2021) tervaksin 2.314 orang. Dengan rincian Vaksin Dosis 1 sebanyak 1.007 orang, kemudian 1.298 orang Vaksin Dosis 2 dan Vaksin Dosis 3 sejumlah 3 orang,” jelas Muthohir.

Muthohir menjelaskan dosis vaksin yang digunakan jenis Moderna isi 14 dosis sebanyak 1 vial, dan jenis coronavac  isi 2 dosis sebanyak 1.150 vial, dan total 1.151 vial. Pelaksana vaksinasi adakah Tim Vaksinator dari Urkes Polres Magelang dibantu Relawan Mafindo, dan tenaga kesehatan dari masing-masing Puskesmas.

Artikel Menarik Lainnya :  Inilah yang Dilakukan Dosen Untidar saat Melakukan Pengabdian di Desa Sukosari, Bandongan...

Secara komulatif, hingga Sabtu tanggal 9 Oktober 2021, Polres Magelang berhasil menyuntikkan Vaksin Dosis 1 sebanyak 52.336 orang, Vaksin Dosis 2 sebanyak 36.613 orang dan 96 orang disuntik Vaksin Dosis 3.

“Jadi total yang divaksin oleh Polres Magelang sebanyak 89.045 orang,” ungkap Iptu Abdul Muthohir.(cha)