Bus Terbakar di Tol Pandaan Malang, Hangus Tak Bersisa

Bus terbakar di Tol Pandaan Malang. Foto: Istilah/PJR Polda Jatim
Bus terbakar di Tol Pandaan Malang. Foto: Istilah/PJR Polda Jatim

MALANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebuah bus pariwisata terbakar di Tol Pandaan Malang, Jawa Timur dalam perjalanan dari arah Pasuruan ke Malang.

Bus pariwisata tersebut terbakar di Tol Pandaan, sekitar pukul 07.30 WIB. Dan nyaris tidak bersisa. Seluruh body mobil, hangus dilalap api.

Informasi yang dihimpun radarcirebon.com, bus pariwisata yang terbakar di Tol Pandaan diketahui mengangkut 48 penumpang.
Akibat kebakaran tersebut, arus lalu lintas sempat terganggu. Beruntung, 48 penumpang tersebut berhasil dilakukan evakuasi dan tidak ada yang cidera serius.

Diketahui bus pariwisata yang terbakar di Tol Pandaan bertuliskan Al Mubarok. Adapun kejadiannya di Km 60.800 mengarah ke Malang.

Selain terbakar, sempat terdengar ledakan dari dalam bus. Namun belum diketahui penyebab pasti kebakaran terjadi dan melalap habis bus tersebut.

Kanit PJR jatim 4 Iptu Sudirman saat dikonfirmasi via telepon di Surabaya, Minggu mengatakan bus pertama kali terbakar pada bagian belakang.

Dugaan Awal Korsleting

“Akibat kebakaran bus sempat menyebabkan arus lalu lintas di wilayah tersebut mengalami antrean,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara.
Ia mengatakan, bus yang terbakar tersebut sudah dilakukan proses pemadaman dan seluruh penumpang nya berhasil dievakuasi ke Purwodadi.

“Alhamdulillah seluruh penumpang sebanyak 48 orang selamat dan di bawa ke exit tol Purwodadi,” ujarnya.
Ia mengatakan, saat ini sudah banyak petugas yang berjaga di lokasi tempat kejadian perkara untuk mengatur arus lalu lintas.

“Saat ini arus lalu lintas sudah berangsur pulih, asalkan mengikuti arahan petugas mengambil jalur kanan bisa lewat. Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan supaya tidak berhenti dan memotret tempat kejadian perkara supaya arus lalu lintas lancar,” katanya.

Ia mengatakan, jika pengendara mengikuti arahan petugas maka bisa berjalan dengan kecepatan sekitar 40 sampai dengan 50 kilometer.
“Kami juga belum mendalami apakah ada nanti ada tersangka atau belum tergantung perkembangan nanti,” ujarnya.

Penumpang Bus Panik

Sebelumnya, dalam video yang viral di media sosial, nampak penumpang bus panik. Sebelum terbakar, di lokasi kejadian bus bernopol K 1670 EW berjalan di lajur satu dengan kecepatan sedang tiba-tiba mengeluarkan kepulan asap.
Percikan api keluar dari belakang bus. Terlihat dari kaca spion depan dan penumpang bagian belakang teriak.

Teriakan penumpang membuat sang pengemudi menepikan bus ke kiri, setelah sebelumnya berada di lajur satu paling kanan. Evakuasi 48 orang, beserta sopir pun dilakukan sesaat sebelum bus hangus terbakar.

Diduga bus mengalami konsleting listrik yang membuat seluruh bodi bus pariwisata itu terbakar hangus.

Namun pihak PJR Polda Jatim memastikan seluruh penumpang bus selamat. Api yang membakar bus berhasil dipadamkan sejam kemudian. (yud/antara)