Bus Maju Makmur Terbakar di Garasi, Beruntung Tak Ada Penumpang

PEMADAMAN. Tin Damkar, Linmas, dan Satpol PP melakukan pemadaman bus yang terbakar di Jalan Soekarno Hatta Kota Magelang, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)
PEMADAMAN. Tin Damkar, Linmas, dan Satpol PP melakukan pemadaman bus yang terbakar di Jalan Soekarno Hatta Kota Magelang, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Satu unit bus yang tengah diparkir di garasi perusahaan otobus (PO) Maju Makmur PT Matrik Makmur Mandiri, Jalan Soekarno-Hatta Kota Magelang terbakar, Kamis (16/9) sekitar pukul 16.30 WIB.

Kebakaran ini diketahui pertama kali oleh warga warga Tidar Utara, Mulyono yang kebetulan sedang berada tak jauh dari lokasi kebakaran.

“Saya lihat kepulan asap hitam tebal. Setelah saya periksa ternyata ada bus terbakar,” katanya di lokasi kejadian.

Di garasi PO itu, ada sekitar 10 bus yang terpakir. Sedangkan yang terbakar merupakan bus yang diparkir di sisi paling luar. Bahkan tidak terlindungi atap garasi.

“Bus yang kebakar ini berada di luar garasi sehingga tidak sampai merembet ke bus yang lain,” ujarnya.

Melihat kejadian itu, Mulyono akhirnya mengirim laporan ke Unit Damkar Kota Magelang. Selang 15 menit, tim Damkar pun tiba dan langsung melakukan proses pemadaman.

“Tim berangkat 16.35 begitu mendapatkan laporan. Kurang lebih selama 45 menit api bisa dipadamkan,” kata Kepala Satpol PP Kota Magelang Singgih Indri Pranggana.

Ia menjelaskan bahwa bus ini sebenarnya baru saja selesai beroperasi. Beruntung, tidak ada penumpang saat itu.

“Bus sedang diparkir. Kita bersyukur tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Kerugian ditaksir mencapai Rp150 juta. Pasalnya, badan bus nyaris terbakar secara keseluruhan. Hanya body bagian luar saja yang masih utuh.

Diduga kebakaran yang menghanguskan satu unit bus dengan dominan warna putih, hijau, dan ungu tersebut karena sistem pengapian yang bocor. Letaknya berada di tengah, kemudian cepat merembet ke interior yang mayoritas berbahan mudah terbakar.

“Kerusakan yang dialami cukup parah. Semua tempat duduk penumpang dan sopir terbakar. Dalam bagasi sampai mesin juga kemungkinan kena karena tangki bensin turut terbakar,” jelasnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Walikota Magelang Dukung dan Support DPD KNPI Kota Magelang