Bupati Wonosobo Launching Kerjasama Pengantaran Makanan Gratis Bagi Warga Isoman

KERJA SAMA. Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat launching kerja sama pengantaran makanan gratis bagi warga isoman antara Bumbu Langit dengan Grab.
KERJA SAMA. Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat launching kerja sama pengantaran makanan gratis bagi warga isoman antara Bumbu Langit dengan Grab.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Pandemi covid-19 mengajarkan kepada masyarakat untuk tetap mengutamakan kepedulian, nilai gotong royong dan saling membantu antar sesama. Salah satunya terlihat dari kelompok atau komunitas yang membantu warga isoman.

“Warga kita yang terkonfirmasi positif masih tinggi dan mereka lebih memilih isoman, sehingga dengan itu mereka tidak bisa keluar rumah. Kehadiran kawan-kawan ini tentu sangat meringankan beban para isoman,” ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat launching kerjasama pengantaran makanan gratis bagi warga isoman antara Bumbu Langit dengan Grab.

Menurutnya, warga masyarakat yang sedang menjalani isoman, diibaratkan hidup sendiri. Dalam menjalani isolasi tersebut, mengharuskan dirinya untuk tetap berada di rumah sendiri dan tidak boleh keluar rumah dalam waktu tertentu, sehingga perlu adanya perhatian dari semuanya. Sebagai dorongan semangat dan dukungan bagi mereka.

“Warga yang menjalani isoman itu ibarat hidup sendiri, di dalam rumahnya apapun dilakukan sendiri karena diharuskan isolasi tanpa kontak dengan orang lain, bahkan keluarga sendiri. Karena itu perlu perhatian, ada jogo tonggo dan lain sebagainya, makanya kegiatan seperti ini sangatlah baik untuk kemanusiaan ,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dan dan hati-hati terhadap penyebaran covid-19. Masyarakat diminta untuk segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala yang mirip dengan covid-19.

“Kami minta masyarakat tetap waspada, jika masyarakat bergejala segera periksakan ke faskes terdekat. Kalau ringan ya silahkan isoman namun tetap disiplin aturan dan di rumah aja. Tapi, jika sedang jangan takut jangan malu untuk periksa ke faskes, jangan nunggu sampai bergejala berat, kita sudah menyiapkan segalanya, agar masyarakat semua sehat,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  BPS dan Diskominfo Wonosobo Gagas Layanan Data Terpadu Online

Bupati Wonosobo berharap program ini bisa menggugah semangat dan rasa kepedulian kepada masyarakat yang lain yang mampu.

“Silahkan Masyarakat Wonosobo yang akan bergabung dengan bumbu langit. Ini sarana ibadah dan insyaallah sangat berkah,” tandasnya.

Sementara itu Arya Oktafiano, selaku City Manager untuk Emerging Central Java, menjelaskan kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi dengan partner di area Wonosobo, untuk berbagi dengan masyarakat yang sedang melaksanakan isoman di rumah. Selain itu kolaborasi ini sebagai bentuk partisipasi membantu pemerintah dalam upaya mempercepat pemulihan akibat dampak pandemi covid-19 ini.

“Kolaborasi ini secara teknis, rekan Bumbu Langit menyediakan makanan. Sementara Grab melakukan pengantaran gratis oleh mitra kami melalui layanan Grab Ekspres, sehingga orang yang sedang menjalani isoman tidak perlu keluar rumah. Dan saat ini kuota perhari sesuai penyediaan dari Bumbu Langit 50 paket pengantaran perhari,” pungkasnya. (gus)